Kompas TV nasional rumah pemilu

Debat Pilpres 2024 Digelar 5 Kali dengan Moderator Berbeda, Debat Pertama Dipandu Ardianto-Valerina

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 16:34 WIB
debat-pilpres-2024-digelar-5-kali-dengan-moderator-berbeda-debat-pertama-dipandu-ardianto-valerina
Kolase foto nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan tema-tema debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang harus diikuti paslon Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, Rabu (6/1/12). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Debat Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Wapres) untuk Pilpres 2024 akan dilaksanakan sebanyak lima kali.

Komisioner KPU August Mellaz menyebut tiap pelaksanaan debat capres-cawapres akan dipandu dengan moderator yang berbeda-beda.

"(Moderator) Beda-beda," kata August saat dihubungi, Senin (11/12/2023).

Meski demikian, August menyebut pihaknya baru menentukan moderator untuk debat perdana yang akan digelar pada Selasa (12/12) besok.

Pada debat perdana,  KPU telah menentukan moderator yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel, dua jurnalis TVRI.

Kedua jurnalis TVRI itu akan memainkan peran penting sebagai penengah, penjembatan, pemandu, dan pengendali pada debat perdana tersebut.

Menurut penjelasannya, moderator dipilih setelah mendengarkan masukan dan tanggapan dari tim Kampanye masing-masing pasangan calon, KPU hingga stasiun TV.

Tak hanya moderator, August juga mengatakan panelis juga akan berbeda-beda di setiap debat.

"Sama seperti halnya panelis juga akan berbeda-beda sesuai dengan tema debat," ujarnya.

Baca Juga: Profil Moderator Debat Capres-Cawapres 2024 Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel, Ini Sosoknya

Seperti diketahui, debat calon presiden dan wakil presiden  akan dilaksanakan sebanyak lima kali, dengan rincian tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres.

Debat pertama akan dilaksanakan Selasa (12/12) dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sementara debat kedua diselenggarakan 22 Desember 20223 dengan tema ekonomi kerayaktaan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Debat ketiga digelar 7 Januari 2023 dengan pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.


 

Kemudian debat keempat digelar 21 Januari 2024dengan tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Dan debat kelima akan digelar 4 Februari 2024, dengan tema  meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi. 

Baca Juga: Hasto Yakin Debat Pilpres soal Hukum Ubah Konstelasi Politik Pilpres 2024

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x