Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud MD Janji Tancap Gas Sikat Korupsi Bareng Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 10 Desember 2023, 09:56 WIB
mahfud-md-janji-tancap-gas-sikat-korupsi-bareng-ganjar-pranowo
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD di acara Gagas RI, Unair, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/11/2023). Pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan melakukan perbaikan, terutama dalam pemberantasan korupsi jika memenangi Pilpres 2024.(Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan melakukan perbaikan, terutama dalam pemberantasan korupsi jika memenangi Pilpres 2024.

Calon Wakil Presiden (cawapres) Mahfud MD kemudian menyinggung terkait  program unggulannya bersama pasangannya Ganjar yakni Gaspol.

"Gaspol. Gandakan anggaran, anggaran diperbanyak untuk orang-orang kelas menengah ke bawah, sikat korupsi, dan perbaiki birokrasi," kata Mahfud dalam keterangannya, Sabtu (9/12/2023).

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu menegaskan, jika korupsi bisa dibumihanguskan, maka akan mudah bagi negara untuk memberikan kesejahteraan bagi rakyat.

Setelah korupsi dikikis, kata dia, Pemerintah dapat menghitung berapa anggaran yang dapat diberikan untuk rakyat sebagai modal kerja, subsidi listrik, menggratiskan internet, maupun menggaji guru dengan layak.

Di satu sisi, Mahfud menyoroti ketimpangan penegakkan hukum di Indonesia. Di mana menurutnya, kadang kala penegakkan hukum memihak orang yang mempunyai kekuatan.

Baca Juga: Koreksi Diri, Mahfud Akui OTT KPK Bagus: Kemarin Saya Keliru Sebut OTT Belum Cukup Bukti

Sementara itu, orang lemah yang tidak mendapat perlindungan hukum bisa kalah jika berhadapan dengan pihak-pihak yang mempunyai kekuatan jika sedang berperkara.

"Orang mencuri lalu dihajar habis-habisan di tengah jalan, sementara orang korupsi dilindungi. Korupsi tuh banyak loh, kelasnya miliaran. Kalau mencuri itu enggak banyak, dan kadang karena terpaksa. Orang kuat menyogok dan dibeking pejabat korup agar kasusnya ditutup. Ini bukan rahasia," ujarnya.

Untuk itu, kata Mahfud, ia bersama Ganjar Pranowo akan memperjuangkan penegakkan hukum agar berjalan secara adil bagi semua pihak.

"Ganjar-Mahfud hadir untuk memperbaiki itu semua," tegasnya, dikutip dari Antara.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Tiga pasangan tersebut yakni, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu debat capres dan cawapres akan digelar sebanyak lima kali, dimulai dari bulan Desember 2023 sampai Februari 2024.

Adapun formatnya, tiga debat pertama akan berfokus pada capres, sedangkan dua debat terakhir pada cawapres. Setiap sesi akan ada tema yang berbeda-beda. 

Baca Juga: Jelang Debat Cawapres 22 Desember, Gibran Ikut Simulasi, Mahfud MD dan Muhaimin Mengaku Sudah Siap



Sumber : Kompas TV/Antara.


BERITA LAINNYA



Close Ads x