Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Debat Cawapres 22 Desember, Gibran Ikut Simulasi, Mahfud MD dan Muhaimin Mengaku Sudah Siap

Kompas.tv - 10 Desember 2023, 07:00 WIB
jelang-debat-cawapres-22-desember-gibran-ikut-simulasi-mahfud-md-dan-muhaimin-mengaku-sudah-siap
Kolase foto nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan tema-tema debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang harus diikuti paslon Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, Rabu (6/1/12). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menjadwalkan debat cawapres pada Jumat (22/12/2023). 

Topik yang dibahas debat kedua untuk cawapres ini adalah masalah ekonomi. Mulai dari ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan.

Kemudian, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), infrastruktur, dan perkotaan.

Latas bagaimana kesiapan dari para cawapres? 

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengaku telah mempersiapkan diri untuk mengikuti debat. Materi yang menjadi isu dalam debat cawapres ini juga sudah dipelajari.

Baca Juga: Gibran Bagi-Bagi Susu di CFD, Pelanggaran Kampanye? Ini Kata Ketua KPU | ROSI

Bahkan, Gibran mengaku sudah menjalani simulasi debat cawapres dan simulasi debat capres bersama Prabowo Subianto. Namun, Gibran tidak menjelaskan lebih jauh simulasi debat yang diikutinya. 

"(Persiapan debat) sudah, sudah, sudah simulasi juga. Nanti ada (simulasi bersama Prabowo)," ujar Gibran di Kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023). 

Terpisah, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, menyatakan siap menghadapi debat cawapres pada 22 Desember 2023. 

Mahfud mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi para kandidat lain. Kesibukan dan beragam tugas yang dijalani sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) membuatnya tidak sempat melakukan persiapan khusus untuk debat.  

"Ya saya datang saja, saya enggak persiapan khusus. Pokoknya pada saat ditentukan, saya datang," ujar Mahfud saat ditemui di kantor Kemenkopolhukam, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga: Mahfud MD: Kami Adalah Peluru Tak Terkendali untuk Libas dan Berantas Korupsi!

Senada dengan Gibran dan Mahfud, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengaku siap mengikuti debat cawapres pada Jumat (22/12/2023). 

Muhaimin menjelaskan dirinya sudah membuat jadwal untuk istirahat sebagai persiapan menghadapi debat cawapres. 

Waktu istirahat dua hari ini dimanfaatkannya untuk memulihkan fisik dan pikiran setelah beberapa minggu belakangan disibukkan kampanye ke daerah-daerah.

"Ya insyaallah kita akan siap fisiknya. Ini benar- benar udah mulai puncak ini, enam hari (kampanye) nggak berhenti," ujarnya saat mengunjungi Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/12/2023).

"Cawapres nanti tanggal 22 (Desember), kita sudah siap. Tentu istirahat dua hari sudah cukup. Yang tanggal 12 (Desember) Mas Anies. Saya cuman nonton, istirahat bisa sehari cukup," sambung Cak Imin, sapaan Muhaimin. 


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.