Kompas TV nasional rumah pemilu

Program Anies di Kalimantan Selatan: Bangun Jaringan Kereta Api dan Utamakan Ekonomi Hijau

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 01:30 WIB
program-anies-di-kalimantan-selatan-bangun-jaringan-kereta-api-dan-utamakan-ekonomi-hijau
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat mengikuti acara Desak Anies yang digelar di Wetland Square, Banjarmasin Timur, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembangunan moda transportasi kereta api dinilai menjadi alternatif untuk menghubungkan daerah Banjarmasin dengan Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

Hal tersebut menjadi bagian dari program yang bakal dibuat Capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat berdialog di acara 'Desak Anies' di Wetlands Square, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023). 

Anies menilai intensitas lalu lintas di Banjarbaru dan Banjarmasin cukup tinggi.

Untuk menekannya dibutuhkan jaringan rel kereta api antara dua wilayah tersebut. Bentuknya bisa seperti Commuter line yang menghubungkan Jabodetabek. 

"Sehingga intensitas di sana bisa digunakan. Ini salah satu contoh (pembangunan yang akan dilakukan)," ujar Anies. 

Anies menambahkan, hal lain yang perlu dibenahi di Kalimantan Selatan adalah kerusakan ekologis akbiat pembangunan yang tidak berkelanjutan. 

Baca Juga: Anies akan Buat Kebijakan Pertambangan Ramah Lingkungan Jika Menang Pilpres 2024

Menurutnya, pembenahan kerusakan ekologis menjadi hal mendasar untuk mengembalikan hutan yang gundul di Kalimantan Selatan.

Dalam memimpin pemerintahan, Anies juga berjanji membuat pembangunan berkelanjutan dengan cara mengutamakan ekonomi hijau sebagai prioritas pertumbuhan ekonomi. 

Eks Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut akan memastikan pembangunan infrastruktur lebih baik agar terjadi pemerataan ekonomi di seluruh pulau Kalimantan. 

Ia tidak ingin hanya satu kota di Kalimantan yang terbangun dan jadi prioritas.

Keinginannya pembangunan harus merata dari kabupaten hingga ke kota. 

"Lalu yang tidak kalah penting adalah pelibatan masyarakat dalam pembangunan. Karena kalau bicara pembangunan, jangan sampai pembangunan dikerjakan di Kalsel, Banjarmasin tapi yang bekerja dari luar Banjarmasin, dari luar Kalsel. Justru harus sebaliknya," ujarnya. 

Baca Juga: [FULL] Anies Kampanye di Banjarmasin, Janji Bakal Bangun Rel Kereta Api Rute Ini

Anies sudah delapan hari berada di daerah Kalimantan untuk berkampanye menjelaskan visi, misi dan program dalam memimpin Indonesia 2024-2029. 

Kampanye terakhir Anies ditutup di Kalimantan Selatan dengan menemui koalisi, relawan dan simpatisan di Gedung Sultan Suransyah di Jalan Brigjen Hasan Basri, Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x