Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies akan Buat Kebijakan Pertambangan Ramah Lingkungan Jika Menang Pilpres 2024

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 17:03 WIB
anies-akan-buat-kebijakan-pertambangan-ramah-lingkungan-jika-menang-pilpres-2024
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat mengikuti acara Desak Anies yang digelar di Wetland Square, Banjarmasin Timur, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan akan membuat kebijakan terkait pertambangan yang ramah lingkungan.

Hal itu akan dilakukan apabila dirinya dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar memenangkan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Anies menerangkan, pemerintah perlu membuat kebijakan yang memaksa para pemilik usaha pertambangan untuk mengubah metode dan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.

"Kami mendorong, itu bukan sekadar diberikan kepada perusahaan keputusannya, tapi itu menjadi kebijakan negara mengharuskan metode yang terbaru yang ramah lingkungan dan alat-alat yang juga terbaru yang ramah lingkungan, sehingga kegiatannya bisa ramah lingkungan," jawab Anies kepada salah satu penanya di acara  "Desak Anies" yang digelar di Wetland Square, Banjarmasin Timur, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023).

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menyebut, ongkos untuk memperbarui atau meningkatkan teknologi pertambangan tidak murah.

"Jadi banyak yang merasa, selama tidak diharuskan oleh pemerintah, maka tidak melakukan upgrading atas teknologi yang digunakan, termasuk juga pertambangan," tuturnya.

Baca Juga: Jawaban Anies Baswedan saat Ditanya Bolehkah Pilih Pemimpin Menggemaskan?

Anies menyebut, saat ini sudah ada gerakan untuk membuat pertambangan itu lebih ramah lingkungan di seluruh dunia.

"Pendekatannya banyak yang baru, sayangnya di kita (Indonesia) banyak yang belum mau melakukan upgrading, penyesuaian, efeknya yang dirasakan masyarakat hari ini," terangnya.

Metode pertambangan terbaru, kata Anies, memperhatikan cara penggalian tanah hingga reforestrasi atau penanaman hutan kembali.

Sementara di Indonesia, sambung dia, kegiatan pertambangan masih menjalankan metode kuno yang meninggalkan lubang galian besar begitu saja.

"Yang terjadi kemudian bekas-bekas itu menjadi tanah yang menganga, tanpa ada hijau-hijauan di sana, itu sudah kuno," tegasnya.

Oleh karena itu, apabila memenangkan Pilpres 2024, ia akan membuat kebijakan agar pelaku usaha, termasuk usaha pertambangan, melakukan pembaruan atau update dan upgrade teknologi.

Baca Juga: Hari ke-8 Kampanye, Anies dan Ganjar ke Kalimantan, Prabowo Tugas di Pemerintahan

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan berkunjung ke Banjarmasin untuk melakukan kampanye politik.

Selain talkshow bersama anak-anak muda, Anies juga dijadwalkan untuk bersilaturahmi dengan ulama Kalimantan Selatan di Galaxy Hotel Banjarmasin.

Selanjutnya, Anies juga akan menghadiri pertemuan koalisi, relawan dan simpatisan di Gedung Sultan Suriansyah pada sore hari ini.

Baca Juga: Harga Kebutuhan Pokok Selalu Naik Jelang Akhir Tahun, Ganjar Tawarkan Stabilisasi Lewat 3 Cara




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x