Kompas TV nasional hukum

Mahfud MD Buka Suara Soal Agus Rahardjo Sebut Presiden Intervensi KPK

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 17:15 WIB
mahfud-md-buka-suara-soal-agus-rahardjo-sebut-presiden-intervensi-kpk
Menko Polhukam Mahfud MD usai mengikuti acara Halaqah Kebangsaan Ulama se-Provinsi Banten di Pandeglang, Banten pada Jumat (1/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

PANDEGLANG, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD buka suara soal Presiden Joko Widodo atau Jokowi intervensi kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kesaksian mantan Ketua KPK, Agus Rahardjo.

Mahfud MD mengatakan, tak ada seorangpun yang boleh mengintervensi atau mengganggu proses penegakan hukum.

"Tentu tidak boleh. Lembaga penegak hukum tidak boleh diintervensi oleh siapapun," kata Mahfud usai mengikuti acara Halaqah Kebangsaan Ulama se-Provinsi Banten, Jumat (1/12/2023).

Mahfud mengatakan pernyataan Ketua KPK periode 2015-2019 Agus Rahardjo yang menyebut Presiden Jokowi mengintervensi lembaga antirasuah itu perlu dipastikan kebenarannya.

"Tapi apakah itu benar atau tidak, bahwa presiden mengintervensi, Pak Agus yang tahu," jelasnya, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Pasalnya, Mahfud menilai, Agus tak pernah mengungkapkan peristiwa itu sebelumnya kepada orang lain.

"Permasalahannya tidak pernah bilang orang lain, kecuali saat ini, terpaksa bilang katanya, karena ditanya," kata Mahfud.

Baca Juga: Bantah Pernyataan Agus Raharjo soal Jokowi Marah Berujung Revisi UU KPK, Istana: Itu Usulan DPR

Ia pun mempersilakan masyarakat untuk menilai pernyataan Agus yang disampaikan di program Rosi KompasTV pada Kamis (30/11) malam.

"Ya biar masyarakat menilai, bagaimana kasus ini," terangnya.

Mahfud mengatakan, ia pernah mendengar tentang adanya pejabat yang mengganggu kerja penegakan hukum dengan misalnya melakukan lobi-lobi.

"Menurut saya intervensi di KPK itu bukan hanya dari presiden kalau memang betul ada, dari yang lain-lain juga, sejauh yang saya dengar ya," tuturnya.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.