Kompas TV nasional humaniora

Cara Cek Status NPWP Masih Aktif atau Tidak secara Online dan Cara Mengaktifkannya Kembali

Kompas.tv - 29 November 2023, 17:30 WIB
cara-cek-status-npwp-masih-aktif-atau-tidak-secara-online-dan-cara-mengaktifkannya-kembali
Cara cek status NPWP masih aktif atau tidak (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meminta masyarakat untuk melakukan validasi Nomor Induk Kependudukan atau NIK sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. Informasi cara mengecek status NPWP masih aktif atau tidak, ada di akhir tulisan ini.

Pemadanan data NIK sebagai NPWP ini merupakan amanah Undang-Undang (UU) nomor 7 tahun 2021, yang aturan turunannya dalam Peraturan Presiden nomor 83 tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 112/PMK.03/2022.

Batas waktu pemadanan NIK menjadi NPWP paling lambat pertengahan 2024. Oleh karena itu, masyarakat masih memiliki waktu untuk mengecek apakah NPWP masih aktif atau tidak.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Validasi NIK menjadi NPWP Secara Online

Status NPWK yang non-efektif atau tidak valid akan menjadi masalah saat mengurus kewajiban pajak.

Jika status NPWP non-efektif, wajib pajak dinyatakan tidak memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif. Namun, NPWP-nya belum dihapus.

NPWP non-efektif juga bisa terjadi karena wajib pajak berpenghasilan di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Selain itu, bisa karena Wajib Pajak Orang Pribadi yang sebelumnya menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, kini sudah tidak lagi menjalankan usaha maupun pekerjaan bebas tersebut.

Kemudian, NPWP non-efektif juga bisa terjadi karena wajib pajak yang bertempat tinggal atau berada di luar negeri lebih dari 183 hari dalam jangka waktu 12 bulan atau setahun dan tidak bermaksud meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya.

Berikut cara cek NPWP masih aktif atau tidak secara online tanpa harus datang ke kantor pajak, dirangkum Kompas.tv, Rabu (29/11/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x