Kompas TV nasional peristiwa

Menjadi Freelancer: Tren Pekerjaan yang Berkembang di Kalangan Anak Muda

Kompas.tv - 28 November 2023, 02:00 WIB
menjadi-freelancer-tren-pekerjaan-yang-berkembang-di-kalangan-anak-muda
Ilustrasi Pekerja Paruh Waktu/ Freelancer (Sumber: Benzoix on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Pekerjaan paruh waktu atau yang sering dikenal sebagai freelance, semakin diminati oleh anak muda. Beberapa bahkan memilih menjadi freelancer secara penuh, sementara yang lain mencari pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan.

Berdasarkan laporan Upwork, sebuah platform yang menghubungkan pencari kerja dan pemberi kerja, sekitar 60 juta warga atau 39 persen dari tenaga kerja Amerika Serikat (AS) bekerja sebagai pekerja lepas pada tahun 2022.

Kontribusi mereka mencapai 1,35 triliun dollar AS, mengalami peningkatan sebesar 50 juta dollar AS dibandingkan dengan tahun 2021. Pertumbuhan signifikan ini sejalan dengan minat freelancer dalam mencari alternatif pekerjaan di luar kerja kantor tradisional "9 to 5".

Data dari Upwork juga menunjukkan bahwa pekerja profesional mencari keuntungan tambahan dari pekerjaan sampingan mereka atau freelance, baik untuk meningkatkan pendapatan, mendapatkan otonomi, atau sekadar menemukan makna lebih dalam dalam pekerjaan mereka.

Baca Juga: Freelancer Hingga Wirausaha Bisa Dapat Manfaat JHT Hingga JKM di BPJS Ketenagakerjaan

Fleksibilitas dan otonomi yang ditawarkan oleh freelance telah menjadi daya tarik utama. Bagaimana tidak, para pekerja paruh waktu dapat memilih jenis pekerjaan dan menyesuaikan waktu kerja mereka, yang jarang ditemukan dalam pekerjaan kantor konvensional.

Hal ini terlihat dari pengalaman Bertha S. Rahajeng (29), yang beralih dari pekerjaan kantoran ke pekerjaan paruh waktu, seperti yang diwawancarai oleh Kompas.id beberapa waktu lalu.

Bertha mengungkapkan, menjadi freelancer dapat memberinya kebebasan dalam memilih karier, meningkatkan keterampilan, dan merasa dihargai atas hasil kerja.

Selain itu, ia menganggap bahwa pekerjaan kantor seringkali melibatkan permainan politik dan kurang memberikan penghargaan yang sebanding dengan prestasi kerja.

Tidak hanya itu, freelance juga menjadi pilihan menarik bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman kerja, seperti Michelle Angela (22), mahasiswa di Yogyakarta, yang menemukan arah kecintaannya terhadap pekerjaan melalui pekerjaan paruh waktu saat magang.



Sumber : Kompas.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x