Kompas TV nasional peristiwa

Menkominfo Minta Warga Tidak Mudah Terhasut Hoaks soal Kejadian di Bitung

Kompas.tv - 26 November 2023, 18:58 WIB
menkominfo-minta-warga-tidak-mudah-terhasut-hoaks-soal-kejadian-di-bitung
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta masyarakat tidak terhasut oleh hoaks atai berita bohong terkait bentrokan antar-dua kelompok massa yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara. (Sumber: Kemenkominfo)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta masyarakat tidak terhasut oleh hoaks atau berita bohong terkait bentrokan antar-dua kelompok massa yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara.

Ia mengajak masyarakat untuk bisa bijak mencari informasi dari sumber yang tepat. Budi juga merekomendasikan warga agar merujuk pada informasi yang diberikan oleh otoritas pemerintahan setempat.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga bangsa agar menggunakan semua platform digital dengan bijak. Bersama mari wujudkan Indonesia yang damai dan bermartabat," kata Budi seperti dikutip dari Antara, Minggu (26/11/2023). 

Budi menyarankan, agar masyarakat dapat meminta informasi dengan menghubungi perwakilan pimpinan daerah terdekat sehingga tidak terhasut oleh informasi yang simpang siur dan belum terverifikasi kebenarannya.

"Jika ingin informasi yang tepat, bisa menghubungi otoritas Pemerintahan Daerah di sana, serta seluruh Musyawarah Pimpinan Daerah-nya," ujarnya. 

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Angkat Bicara Soal Kericuhan di Bitung Sulut

Di kesempatan yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) Sarbin Sehe mengimbau tokoh agama dan tokoh adat agar tetap menjaga kerukunan di Kota Bitung.

"Insinden saling lempar aksi massa dua kubu di Kota Bitung (25/11) kemarin petang sangat disesalkan," kata Sarbin dikutip dari Antara, Minggu (26/11/2023). 

"Karena hal ini akan mengganggu persatuan dan kesatuan dan kebersamaan yang tinggi di Sulut sangat disesalkan adanya kekerasan yang terjadi," ucapnya. 

Sarbin mengajak dan mengimbau semua umat beragama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat Sulawesi Utara agar menjaga persatuan dan kesatuan, kebersamaan, kedamaian, keamanan dan kerukunan di Sulut, khususnya Kota Bitung.

"Tidak mudah terprovokasi serta menyebarkan berita bohong, jadikan diri kita semua anti kekerasan apapun alasan," ucapnya.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x