Kompas TV nasional rumah pemilu

Jika Jadi Presiden, Ganjar Lanjutkan Afirmasi Kelompok Rentan: Perempuan Tertinggal dalam Banyak Hal

Kompas.tv - 23 November 2023, 20:38 WIB
jika-jadi-presiden-ganjar-lanjutkan-afirmasi-kelompok-rentan-perempuan-tertinggal-dalam-banyak-hal
Ganjar Pranowo saat berbicara dalam acara Dialog Terbuka Capres-Cawapres di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kamis (23/11/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo berjanji akan melanjutkan afirmasi untuk perempuan dan kelompok rentan jika terpilih jadi Presiden.

Eks gubernur Jawa Tengah itu mengakui perlu ada “tindakan khusus” untuk melanjutkan afirmasi perempuan.

Hal tersebut disampaikan Ganjar dalam acara Dialog Terbuka Capres-Cawapres” di Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang digelar oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, pada Kamis (23/11/2023).

"Perempuan dalam banyak hal itu tertinggal, maka musti ada tindakan khusus, itulah tindakan afirmasi yang diberikan,” kata Ganjar ketika menjawat pertanyaan panelis Muhammadiyah.

“Hari ini sudah ada hasilnya. Sekarang, ketika diberikan kesempatan sama, lulusan-lulusan terbaik (kampus) itu perempuan,” lanjutnya.

Baca Juga: Setelah Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud juga Ditanya Soal Jatah Menteri dari Muhammadiyah

Ganjar pun mengaku mendukung kuota keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen di parlemen.

Namun, untuk bakal kabinetnya jika terpilih, politikus PDIP itu menegaskan akan menyusun kabinet zaken (terdiri dari ahli di bidangnya).

“Kami senang hari ini melihat menteri-menteri yang juga betul-betul seorang expert, Menteri Keuangan (Sri Mulyani), Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi). Ini contoh-contoh yang sebenarnya bisa kita teruskan. Sebagai sebuah komitmen kita paham soal itu,” kata Ganjar.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x