Kompas TV nasional rumah pemilu

Ditanya soal Jatah Menteri untuk Muhammadiyah, Anies: Pak Jokowi Saja Memberi Tempat Apalagi Kita

Kompas.tv - 22 November 2023, 23:52 WIB
ditanya-soal-jatah-menteri-untuk-muhammadiyah-anies-pak-jokowi-saja-memberi-tempat-apalagi-kita
Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, memaparkan visi, misi, dan program dalam acara Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rabu (21/11/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, berjanji akan memasukkan kader Muhammadiyah dalam kabinet jika mereka menang dalam Pilpres 2024. 

Hal itu diungkapkan Anies-Muhaimin setelah mendapat pertanyaan dari Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. 

Mu'ti bertanya, apakah Anies-Muhaimin akan mengangkat menteri dari kader Muhammadiyah jika terpilih nanti. Dia menambahkan, pertanyaan tersebut tidak ilmiah tetapi penting.

Menyikapi pertanyaan tersebut, Anies mengatakan di setiap pemerintahan, pasti ada kader Muhammadiyah yang duduk di kabinet. 

Bahkan, kata dia, di dua periode pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), menteri dari Muhammadiyah tetap ada meski presiden sudah beberapa kali melakukan pergantian menteri alias reshuffle

Baca Juga: PP Muhammadiyah Gelar Uji Publik dan Dialog 3 Capres-Cawapres, Ini Jadwal dan Lokasinya

"Pak Jokowi saja memberikan tempat apalagi kita," ujar Anies dalam sesi tanya jawab di acara Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rabu (21/11/2023).

Mendengar pernyataan mantan gubernue DKI Jakarta itu, Mu'ti lantas berkelakar dengan menanyakan kepada Muhaimin atau Cak Imin tentang jumlah menteri untuk Muhammadiyah.

"Jadi konkret ya. Akan ada menteri dari Muhammadiyah. Monggo, Cak Imin mau nambah menterinya berapa gitu ya?" ujar Mu'ti.

Senada dengan Anies, Muhaimin mengakui kader dari Muhammadiyah selalu mendapat tempat dalam kabinet pemerintahan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x