Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Baswedan: Demokrasi Kita Akhir-Akhir Ini Mengalami Penurunan Kualitas

Kompas.tv - 22 November 2023, 21:20 WIB
anies-baswedan-demokrasi-kita-akhir-akhir-ini-mengalami-penurunan-kualitas
Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan dalam program Gagas RI di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyebutkan bahwa kondisi demokrasi di Indonesia tengah mengalami penurunan kualitas sehingga perlu dipulihkan kembali.

Hal ini disampaikan Anies dalam acara Gagas RI Kompas TV yang digelar di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/11/2023).

“Demokrasi kita yang akhir-akhir ini mengalami penurunan kualitasnya, harus dipulihkan lagi kualitas demokrasi kita,” kata Anies Baswedan.

Baca Juga: Hamdan Zoelva dan Abraham Samad Gabung di Dewan Pakar Pemenangan Anies-Muhaimin

Pemulihan kualitas demokrasi ini menjadi satu dari delapan misi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Misi Anies dan Muhaimin disebut sebagai “8 Jalan Perubahan”. Di dalamnya memuat berbagai agenda dan program yang akan dijalankan apabila terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. 

Delapan misi Anies dan Muhaimin, di antaranya kemandirian pangan, pengentasan kemiskinan, lingkungan yang berkeadilan, integrasi desa dan kota, kesetaraan dalam pendidikan dan kesehatan, mewujudkan keluarga yang tangguh, memperkuat pertahanan dan keamanan negara, hingga memulihkan kualitas demokrasi.

Anies mengatakan bahwa terdapat sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang menjadi tantangan Indonesia ke depan.

“Persoalan korupsi, penegakan hukum, menghadirkan keadilan, penegakan HAM, menjadi PR yang kita berencana untuk menghadirkan solusi untuk itu,” jelas Anies.


Ia menjelaskan bahwa pada prinsipnya, visi dan misi tersebut disusun berdasarkan semangat perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah kembali kepada tujuan awal mengapa Republik Indonesia didirikan.

“Republik ini didirikan dengan gagasan, bukan sekadar kebetulan jadi negara. Para pemikir, pejuang intelektual menyusun sebuah negara yang memiliki tujuan, muncul dalam pembukaan UUD 45, yaitu menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Kala Anies Baswedan Bandingkan Visi-Misi Dirinya dengan Paslon Pilpres 2024 Lain

“Inilah yang menjadi pegangan kita, kita ingin tujuan utama harus segera dikembalikan,” sambungnya.

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, Anies bilang dibutuhkan perubahan paradigma, perubahan cara memandang pembangunan, dan memberikan program prioritas.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x