Kompas TV nasional rumah pemilu

Iklan Visi Misi Prabowo-Gibran di TV Tampilkan Anak-Anak, TKN: Itu Karakter Hasil Kecerdasan Buatan

Kompas.tv - 23 November 2023, 04:15 WIB
iklan-visi-misi-prabowo-gibran-di-tv-tampilkan-anak-anak-tkn-itu-karakter-hasil-kecerdasan-buatan
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono yang menjadi Komandan Bravo (komunikasi) TKN Prabowo-Gibran saat ditemui ditemui di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023). (Sumber: KOMPAS.com/IRFAN KAMIL)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran angkat bicara terkait laporan dugaan pelanggaran Pemilu dalam iklan di stasiun televisi swasta yang memaparkan visi-misi dan menampilkan anak-anak. 

Komandan Bravo (komunikasi) TKN Prabowo-Gibran Budisatrio Djiwandono memastikan kemunculan anak-anak di iklan tersebut bukan asli, melainkan hasil dari kreasi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. 

Budi menyatakan, pihaknya sangat berpegang teguh kepada aturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satunya adalah UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pihaknya juga mengerti mengenai aturan kampanye dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur tidak diperbolehkannya anak di bawah umur untuk mengikuti kegiatan kampanye atau pun aktivitas politik.

Mengacu pada ketentuan tersebut, pihaknya membuat karakter anak menggunakan kecerdasan buatan dan tidak melibatkan langsung anak-anak dalam proses pembuatan iklan. 

Baca Juga: Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran Pemilu dalam Iklan Visi Misi Prabowo-Gibran yang Muncul di TV

Menurutnya, karena kecanggihan teknologi saat ini, karakter anak hasil kecerdasan buatan seakan nyata dan disimpulkan dalam iklan tersebut melibatkan anak-anak.  

"Dalam iklan tersebut tidak ada anak-anak dalam artian fisik dan identitas. Tidak ada aktor anak-anak. Ini murni kreasi artificial intelligence dari teks menjadi gambar yang di-generate melalui AI," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/11/2023).

Lebih lanjut Budi menilai, iklan tersebut lebih mengarah untuk memberi gambar terhadap masa depan anak Indonesia.

TKN Prabowo-Gibran mencoba memberi pemahakan kepada masyarakat anak merupakan generasi penerus bangsa.

Untuk itu, dalam perkembangannya, diperlukan gizi yang tercukupi melalui susu ataupun makanan sehat agar kelak bisa mengikuti dan menguasai teknologi yang berkembang dan dapat bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain. 

Baca Juga: Soal Perkembangan Kecerdasan Buatan, Ketum KADIN: Manusia Tidak akan Tergantikan oleh AI!

Budi juga tidak melihat ada unsur kampanye dan mengajak masyarakat untuk memilih pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya iklan tersebut sebagai gambaran akan perkembangan teknologi dan masa depan anak Indonesia. 

Ia juga tidak keberatan jika iklan tersebut dianggap sebagai kampanye dan pelanggaran Pemilu. Akan tetapi, hal tersebut tentunya harus melalui penilaian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai penjaga aturan dalam setiap tahapan Pemilu. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x