Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, Usai Lantik Panglima TNI yang Baru Presiden Jokowi Berangkat ke Papua Barat

Kompas.tv - 22 November 2023, 07:18 WIB
hari-ini-usai-lantik-panglima-tni-yang-baru-presiden-jokowi-berangkat-ke-papua-barat
Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Merdeka, Rabu (25/10/2023). Presiden Joko Widodo akan melantik Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru pada hari ini, Rabu (22/11). (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa daerah di Indonesia pada hari ini, Rabu (22/11/2023). 

Kunjungan kerja ini dilakukan presiden usai melantik KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan Presiden Jokowi diagendakan memimpin upacara pelantikan panglima TNI baru di Istana Negara, Jakarta hari ini. 

Setelah melantik Agus Subiyanto, Jokowi langsung bertolak melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Papua Barat dan Kalimantan Barat.

Ari belum bisa menyampaikan kepentingan Presiden Jokowi ke Papua Barat dan Kalimantan Barat. Yang pasti Kunker itu dilaksanakan setelah upacara pelantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

Baca Juga: Kata Pengamat Militer, Isu Netralitas Panglima TNI Pilihan Presiden Jokowi Jadi Pertanyaan

"Besok (hari ini) setelah pelantikan Panglima TNI, ada rencana untuk kunjungan kerja ke Papua Barat dan dilanjut ke Kalimantan Barat. Detail agenda akan di update oleh Biro Pers dan Media Sekretariat Presiden," ujar Ari dalam pesan singkatnya, Selasa (21/11).

Ia menjelaskan agenda Presiden di Istana Negara hari ini, hanya melantik KSAD Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. Sejauh ini belum ada informasi terkait agenda pelantikan pejabat lainnya.

Adapun diberitakan Kompas.tv sebelumnya, DPR resmi menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono setelah menjalani serangkaian uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR.

Pelantikan Agus di Istana Negara merupakan yang kedua kalinya. Pada 25 Oktober 2023, Jenderal Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurrahman pada 25 Oktober lalu. 

Kurang dari 30 hari, kini Presiden Jokowi kembali melantik Agus Subiyanto untuk menggantikan Yudo Margono yang memasuki masa pensiun. 


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x