Kompas TV nasional peristiwa

TNI AU Kirim Data Penerbangan 2 Pesawat yang Jatuh di Lereng Bromo ke Brasil untuk Diinvestigasi

Kompas.tv - 21 November 2023, 18:37 WIB
tni-au-kirim-data-penerbangan-2-pesawat-yang-jatuh-di-lereng-bromo-ke-brasil-untuk-diinvestigasi
Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati ketika menyampaikan keterangan pers di Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (17/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Udara (AU) mengirim data penerbangan pesawat  EMB-314 Super Tucano yang jatuh beberapa hari lalu ke produsen pesawat Embraer di Brasil.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau), Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati mengatakan, alasan pihaknya mengirimkan data penerbangan tersebut untuk kepentingan investigasi.

 Menurut dia, data penerbangan yang dikirim yaitu Voice and Data Recorder (DAVR) dan Net Centric Data Cartridge (NCDC) yang telah berhasil diamankan sebelumnya.

Baca Juga: Evakuasi Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Lereng Bromo Diharap Tuntas 1 Minggu

“DAVR merupakan sistem yang menyimpan video, suara, dan data performance serta mesin pesawat yang akan dikirim ke pihak produsen di luar negeri, untuk pinjam alat pembaca data,” kata Agung melalui keterangan resminya yang dikutip pada Selasa (21/11/2023).

Sementara data NCDC adalah sistem yang menyimpan suara, video, dan tampilan navigasi penerbangan yang juga sedang didalami datanya.

Agung menambahkan, tim TNI yang ada di lapangan saat ini masih melakukan evakuasi terhadap potongan-potongan pesawat yang jatuh.

Menurutnya, tim tersebut memprioritaskan beberapa bagian pesawat yang harus segera dievakuasi.

Itu antara lain kanon pesawat, engine, throttle, kursi lontar, serta propeller.

"Pesawat akan dipotong-potong beberapa bagian agar mudah diangkut melalui jalan darat,” ujar Agung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x