Kompas TV nasional peristiwa

15 November Memperingati HUT ke-78 Korps Marinir TNI AL, Begini Sejarahnya!

Kompas.tv - 15 November 2023, 08:00 WIB
15-november-memperingati-hut-ke-78-korps-marinir-tni-al-begini-sejarahnya
Prajurit Marinir melakukan defile saat Upacara Sertijab Komandan Korps Marinir (Dankormar) di Lapangan Apel Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Korps Marinir TNI Angkatan Laut Indonesia merayakan ulang tahun ke-78 pada 15 November 2023 atau tepat hari ini, Rabu.

Melansir laman resmi marinir.tnial.mi.id, Korps Marinir TNI AL didirikan di Kota Tegal, Jawa Tengah pada 15 November 1945. Artinya, Korps Marinir telah mengalami transformasi yang luar biasa sejak era penjajahan Belanda.

Dari peran utamanya dalam serangan dari laut ke darat hingga restrukturisasi terbaru melalui rencana strategis 2015-2019, korps ini tidak hanya memiliki warisan sejarah yang kuat, tetapi juga terus berkembang sebagai pilar penting dalam pertahanan negara Indonesia.

Lalu, bagaimana sejarah Korps Marinir TNI AL?

Awalnya Korps Marinir dikenal sebagai 'Corps Marinier', yang dipimpin oleh komandan utamanya, Mayor Laut Agus Subekti.

Korps Marinir memiliki peran utama dalam serangan dari laut ke darat. Selain itu, para prajurit Korps Marinir juga mendapatkan pelatihan lintas matra untuk menunjang kefisienan penugasan khusus. 

Baca Juga: Bela Diri "Chadrick" Jadi Kemampuan Dasar Korps Marinir TNI

Tepat pada 9 Oktober 1948, berdasar Surat Keputusan Menteri Pertahanan Nomor: A/565/1948 ditetapkan adanya Korps Komando di dalam Angkatan Laut sehingga seluruh satuan dilebur menjadi Koprs Komando Angkatan Laut (KKO AL). 

Kekuatan KKO AL semakin besar lewat dibentuknya Pasukan Komando Armada I di Surabaya, Pasukan Komado II di yang bermarkas di Jakarta, serta Pasuakan Induk Komando di Surabaya. 

Kemudian, pada tahun 1975, KKO AL kembali berganti nama menajdi Korps Marinir berdasarkan Surat Keputusan Kasal No Skep/1831/XI/1975 tertanggal 14 November 1975. 

Selama sejarahnya, Korps Marinir telah terlibat dalam berbagai perjuangan nasional. Dari pembentukan Pasukan Pendarat 45 hingga keterlibatan dalam konfrontasi Ganyang Malaysia, korps ini memainkan peran strategis dalam sejarah perjuangan bangsa.

Ciri Khas dan Lambang Korps Marinir

Selain dikenal dengan julukan 'Sang Hantu Laut', Korps Marinir juga dikenal karena memiliki Baret Ungu yang menjadi ciri khas tersendiri.



Sumber : Kompas TV, marinir.tnial.mi.id

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.