Kompas TV nasional politik

Komisi I DPR Tunjuk Politikus PDIP Utut Adianto Jadi Ketua Panja Netralitas TNI di Pemilu 2024

Kompas.tv - 13 November 2023, 14:28 WIB
komisi-i-dpr-tunjuk-politikus-pdip-utut-adianto-jadi-ketua-panja-netralitas-tni-di-pemilu-2024
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi I DPR RI telah menunjuk Utut Adianto sebagai Ketua Panitia Kerja (Panja) Netralitas TNI pada Pemilu 2024. Keputusan itu diambil dalam rapat internal komisi pada 8 November 2023. 

"Sudah, sudah dibentuk kemarin rapat internal tanggal 8 November sudah dibentuk Panjanya. Dan kita sudah juga menetapkan ketuanya, nanti yang memimpin Pak Utut, beliau berkenan untuk memimpin dan tentu dibarengi oleh seluruh pimpinan dan juga anggota Komisi I," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (13/11/2023). 

Ia menyebut, Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga setuju dengan adanya pembentukan panja tersebut.

Baca Juga: Anggota Komisi I DPR Ingatkan Jenderal Agus untuk Jaga Netralitas TNI pada Pemilu 2024

Selain itu, panja itu juga akan bekerja untuk mengawasi kinerja mitra di Komisi I. 

"Kita ada Panja, dan beliau (Jenderal Agus) juga sudah sepakat untuk lahirnya atau terbentuknya Panja Netralitas TNI. Tetapi sesungguhnya tidak hanya kepasa mitra kami TNI, tetapi kepada seluruh mitra di Komisi I," katanya. 

"Tetapi untuk TNI karena memang kemarin banyak dari media yang mengangkat ini, jadi kita buatkan khusus. Dan beliau (Jenderal Agus) sebelum fit and proper tes sudah menyatakan siap, seluruh fraksi juga menyatakan siap untuk mengawal, dan insya Allah ini menepis kekhawatiran semua," ujarnya. 

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, pihaknya menjamin pesta demokrasi nanti akan berjalan netral tanpa adanya keterlibatan TNI dalam politik praktis. 

"Tadi beliau (Jenderal Agus) sudah menyatakan tegas tidak ada keraguan kepada TNI untuk hal netralitas dan Komisi I juga akan mengawal melalui Panja. Mudah-mudahan di situ teman-teman media juga sudah yakin dan percaya, InsyaAllah pemilu akan netral," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Utut Adianto mengusulkan agar dalam menyongsong gelaran Pemilu 2024 dibentuk Panja netralitas TNI. 


 

Usulan tersebut disampaikan politikus PDIP itu saat rapat bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, KSAD Jenderal Agus Subiyanto, KSAL Laksamana Muhammad Ali dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Komisi I DPR RI, Jakarta, Selasa (7/11/2023). 

“Kalau memang berkenan untuk menjaga marwah DPR buatlah panja netralitas TNI. Jadi kita sembari, kesibukan kita sebagai caleg, kita membuat pengawasan," kata Utut.

Baca Juga: Wakil Ketua Komisi I Fraksi PDIP Usul Bentuk Panja Netralitas TNI

Ia menjelaskan, alasan dirinya mengusulkan pembentukan panja itu untuk memastikan seluruh prajurit TNI tetap netral di pesta demokrasi nanti. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x