Kompas TV nasional politik

Bahas Soal Pemimpin, Surya Paloh Ingatkan Perlunya Berpegang pada Falsafah Jawa Ini

Kompas.tv - 12 November 2023, 07:45 WIB
bahas-soal-pemimpin-surya-paloh-ingatkan-perlunya-berpegang-pada-falsafah-jawa-ini
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat memberi sambutan di HUT ke-12 NasDem di NasDem Tower, Sabtu (11/11/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengingatkan warisan yang baik ataupun tidak dari seorang pemimpin pastinya akan dikenang oleh masyarkat. 

Hal itu jugalah yang menjadikan sebuah pepatah, manusia mati tidak meninggalkan gading atau belang, tetapi nama baik. 

Surya menyebut falsafah Jawa eling lan waspodo dan mendhem jero mikul dhuwur merupakan amanat yang perlu dijadikan pegangan jika seorang menjadi pemimpin. 

Eling lan waspodo, adalah tuntunan agar selalu wawas diri agar tidak tergiur godaan saat berkuasa yang bisa merugikan orang lain. Sementara mendhem jero mikul dhuwur berarti menutup rapat aib dan kekurangan serta menjunjung tinggi kemuliaan orang lain.

Ia juga mengingatkan perkataan Wakil Presiden ke-3 RI Adam Malik dalam buku yang berjudul In The Service of The Republic bahwa penguasa akan terus bergantian, tetapi negarawan tetap hidup bersama bangsa.

Baca Juga: Surya Paloh: Tak Ada Kekuasaan Yang Bertakhta Terus-menerus Sepanjang Zaman!

Namun menurutnya, saat ini falsafah, pepatah dan pandangan tokoh bangsa seakan dikesampingkan demi pragmatisme kekuasaan. 

Belakangan, sambung Surya, masyarakat dipertontonkan upaya membawa negara dan aparaturnya melayani kepentingan pribadi dan golongan.

Bahkan, negara saat ini sedang mengalami penurunan derajat kewibawaan yang paling rendah. Rakyat disebutnya kini gamang untuk menaruh kepercayaan kepada siapa. 

Di sinilah, lanjutnya, peran dari Partai NasDem untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam menentukan pemimpin negara ke depan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x