Kompas TV nasional hukum

Ketua MK yang Baru Suhartoyo akan Ucapkan Sumpah Senin Depan

Kompas.tv - 9 November 2023, 13:52 WIB
ketua-mk-yang-baru-suhartoyo-akan-ucapkan-sumpah-senin-depan
Sembilan hakim konstitusi setelah bersepakat memilih Suhartoyo (tengah) sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru, menggantikan Anwar Usman yang dinyatakan melakukan pelanggaran etik berat, Kamis (9/11/2023). (Sumber: KOMPAS.com/VITORIO MANTALEAN)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru Suhartoyo dijadwalkan mengucapkan sumpah sebagai Ketua MK pada Senin (13/11/2023) pekan depan.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua MK Saldi Isra dalam konferensi pers usai pemilihan Ketua MK pengganti Anwar Usman, Kamis (9/11/2023).

“Menyepakati bahwa Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih adalah Yang Mulia Bapak Dr Suhartoyo, dan insyaallah hari Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini,” kata Saldi.

“Mengucapkan sumpah di ruangan ini, artinya mulai hari Senin komposisi kepengurusan Mahkamah Konstitusi akan terpenuhi seperti biasa,” tuturnya.

Baca Juga: Saldi Isra Umumkan Suhartoyo Terpilih Jadi Ketua MK Gantikan Anwar Usman

Sebelumnya Kompas.TV memberitakan, Suhartoyo terpilih menjadi Ketua MK dalam musyawarah hakim konstitusi yang dilaksanakan pada Kamis.

Menurut Saldi, berdasarkan musyawarah sembilan hakim MK, hanya dua yang bersedia menjadi Ketua MK, yakni dirinya dan Suhartoyo.

“Akhirnya, pertemuan tadi memunculkan dua nama, memunculkan dua nama. Satu, karena yang lain menyatakan tidak bersedia jadi ketua, sehingga memunculkan dua nama,” jelasnya.

“Nama yang muncul itu adalah, satu, secara berurutan, Saldi Isra, kedua S lagi Bapak Dr Suhartoyo, itu dua nama yang muncul.”

Keduanya kemudian melakukan musyawarah untuk menentukan siapa yang akan menjadi Ketua MK, dan disepakati bahwa Suhartoyo yang menggantikan Anwar Usman.

Baca Juga: Anwar Usman Dicopot dari Ketua MK, Ini Respons Anies, Ganjar dan Gibran

“Jadi tujuh dari sembilan hakim konstitusi meninggalkan ruangan. Tinggallah saya bersama Yang Mulia Bapak Suhartoyo dalam ruangan untuk mendiskusikan.”

“Akhirnya kami berdua sampai kepada putusan bahwa yang disepakati adalah untuk menjadi Ketua MK ke depan adalah Bapak Dr Suhartoyo dan saya tetap menjalankan tugas sebagai wakil ketua,” tutur Saldi.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x