Kompas TV nasional humaniora

Siap-Siap! Latihan Fisik akan Jadi Materi Manasik Haji 2024

Kompas.tv - 2 November 2023, 17:00 WIB
siap-siap-latihan-fisik-akan-jadi-materi-manasik-haji-2024
Kepulangan jemaah haji Indonesia didampingi oleh petugas haji, Jumat (4/8/2023). Kementerian Agama akan memasukkan latihan fisik dalam Manasik Haji 2024. (Sumber: Kemenag RI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Agama (Kemenag) akan memasukkan latihan fisik dalam Manasik Haji 2024. Direktur Bina Haji Arsad Hidayat mengatakan, haji adalah ibadah fisik.  

Sehingga jemaah haji juga perlu mempersiapkan kemampuan fisik saat akan menjalani ibadah haji.

“Orientasi manasik kita selama ini lebih ke bacaan dan hafalan doa. Kita coba perkenalkan manasik juga latihan fisik. Sebelum bermanasik, jemaah diminta jalan kaki dulu,” kata Arsad Hidayat di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

“Haji adalah ibadah fisik, bukan ibadah bacaan (semata),” tambahnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenag. 

Baca Juga: Cara Cek Keberangkatan Haji secara Online Gunakan HP dengan Nomor Porsi

Ia menerangkan, isu kesehatan jemaah menjadi salah satu perhatian Kementerian Agama dalam melakukan persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. 

Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) telah menggelar mudzakarah yang secara khusus membahas tentang syarat istitha’ah kesehatan jemaah haji.

Mudzakarah Perhajian, lanjutnya, telah menghasilkan sembilan rekomendasi yang menitikberatkan kepada penguatan istithaah kesehatan jemaah haji. 

Salah satu rekomendasi itu adalah Kementerian Kesehatan agar menerapkan istithaah kesehatan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji atau perubahannya. 

Baca Juga: Syarat dan Link Daftar Lowongan Kerja Management Trainee Bank BRI November 2023

Kemenag juga meminta Kementerian Kesehatan juga agar melakukan pemeriksaan lain yang meliputi kesehatan jiwa, kognitif, dan kesehatan activity daily living (ADL).

“Kementerian Kesehatan juga direkomendasikan menyempurnakan aplikasi Siskohatkes untuk penetapan istithaah kesehatan Jemaah Haji,” tuturnya. 

Arsad melanjutkan, istithaah kesehatan akan menjadi perhatian bersama, pemerintah, jemaah, dan juga masyarakat. 

Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan secara berjenjang akan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang istitha'ah kesehatan haji kepada jemaah haji. Dua hal itu akan dilakukan melalui penyuluhan kesehatan serta bimbingan manasik haji dan melibatkan peran serta masyarakat/KBIHU dan Ormas Islam.

Baca Juga: Kapolri Ingatkan Anak Buahnya Waspadai Dampak Perang Israel-Hamas Bisa Bangkitkan Sel Teroris



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x