Kompas TV nasional rumah pemilu

Surya Paloh Tanggapi Pertemuan Presiden Jokowi dengan 3 Bakal Capres: Bagus, NasDem Telah Ingatkan

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 18:48 WIB
surya-paloh-tanggapi-pertemuan-presiden-jokowi-dengan-3-bakal-capres-bagus-nasdem-telah-ingatkan
Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (30/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menilai pertemuan makan siang antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan tiga bakal calon presiden (bacapres) adalah hal yang baik.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi melakukan santap siang dengan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Senin (30/10/2023).

"Saya pikir bagus itu, apapun juga memang itulah fungsi peran presiden, kepala pemerintahan sekaligus kepala negara," ungkapnya kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Ia menyebut, pihaknya pernah mengingatkan Jokowi mengenai arti kehadiran presiden sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara.

"NasDem telah mengingatkan itu dari sejak awal, arti kehadiran seorang presiden sekaligus kepala pemerintahan, sekaligus juga kepala negara, milik semua kelompok, golongan, dan semua partai," tuturnya.

Menurut Paloh, undangan makan siang itu akan menjadi modal yang baik bagi Presiden Jokowi.

"Ini jadi modal yang lebih baik ke depan, saya pikir," ujar laki-laki yang pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dua periode sejak 1977 hingga 1987 itu.

"Kalau selama ini barangkali ada persepsi, pandangan, sinisme yang menyatakan presiden hanya tahu satu partai, dua partai, satu capres, dua capres, presiden mulai, start hari ini, undangan makan siang bersama, saya pikir bagus," terangnya.

Pria yang pernah menjadi mantan Ketua Dewan Penasihat Partai Golongan Karya (Golkar) periode 2004-2009 itu mengaku menyerahkan isi pembahasan pertemuan dengan tiga bacapres kepada presiden.

"Terserah presiden mau diskusi apa, beliau yang tahu, beliau yang ngundang," ujarnya.

Baca Juga: Menu Makan Siang Presiden Jokowi dengan Anies, Ganjar, dan Prabowo: Ada Es Laksamana Mengamuk

Selepas santap siang, Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas undangan makan siang tersebut.

"Tadi kita baru saja diundang makan oleh Bapak Presiden dan lumayan tadi ya makannya.
Ada soto tadi, lontong, cumi-cumi, sayur, lumayan jadi bagus ya kita juga dalam suasana yang akrab," ujar Prabowo dalam jumpa pers bersama Anies dan Ganjar di Istana Merdeka.

"Dan tadi kami juga ucapkan terima kasih diundang. Kalau enggak diundang, kita jarang bisa kumpul ya."

Adapun Anies mengatakan pertemuan tersebut mendiskusikan hal-hal ringan. Namun, ia tak menjelaskan lebih jauh terkait pembahasan yang dimaksud.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x