Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Ungkap Isi Diskusinya dengan Mahfud MD soal Penegakan Hukum: Ingat, Anti KKN!

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 16:10 WIB
ganjar-ungkap-isi-diskusinya-dengan-mahfud-md-soal-penegakan-hukum-ingat-anti-kkn
Bacapres dari PDIP, Ganjar Pranowo, memberikan keterangan kepada wartawan di Senayan, Jakarta pada Minggu (29/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menekankan pentingnya agenda penegakan hukum dalam program yang akan ia jalankan bersama bakal calon wakil presiden (bacawapres) Mahfud MD.

Bacapres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu pun mengatakan agenda reformasi yang penting untuk segera dilaksanakan adalah penegakan hukum serta gerakan anti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Hari ini agenda itu (penegakan hukum) menjadi begitu penting, karena begitu banyaknya masyarakat mempertanyakan salah satu agenda reformasi yaitu penegakan hukum, yaitu anti KKN, maka pemerintah mesti serius betul mengurusi ini," kata Ganjar kepada wartawan di Senayan, Jakarta, Minggu (29/10/2023).

Ia mengaku telah berdiskusi panjang dengan Mahfud mengenai penegakan hukum agar bisa diterapkan secara kelembagaan apabila mereka memenangi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Kami diskusi panjang dengan Pak Mahfud soal ini (penegakan hukum) agar secara kelembagaan, sistem yang sudah baik segera bisa dilaksanakan, maka regulasi yang sudah mengatur dengan ketat," ujarnya.

"Kalau lah kemudian tidak bisa menjangkau dalam pelaksanaannya, rasa-rasanya perlu ada yang di-review (ditinjau kembali)," sambungnya.

Baca Juga: Anies Ajak Masyarakat di Jember Pilih Pemimpin yang Tidak Nepotisme dan Tidak Curang di Pemilu

Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 dan periode 2018-2023 itu menekankan pentingnya peran penegak hukum dalam penegakan hukum.

"Aktor menjadi penting, maka memilih penegak-penegak hukum yang tangguh, yang kemudian bisa betul-betul imparsial, maka itu menjadi penting," ungkapnya.

Sebab, menurut Ganjar, rakyat akan kecewa apabila penegakan hukum tak berubah seperti masa sebelum Reformasi 1998.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x