Kompas TV nasional politik

Sosok Mahfud MD jadi Alasan Yenny Wahid dan Barisan Gusdurian Dukung Ganjar Mahfud di Pilpres 2024

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 18:16 WIB
sosok-mahfud-md-jadi-alasan-yenny-wahid-dan-barisan-gusdurian-dukung-ganjar-mahfud-di-pilpres-2024
Foto arsip. Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid selepas acara launching buku Tetralogi Transformasi AHY di Djakarta Theatre, Kamis (10/8/2023) malam. Yenny Wahid memberikan dukungannya kepada pasangan bacapres-bacawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024. (Sumber: Tangkapan layar video Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh atau dikenal dengan nama Yenny Wahid mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai pasangan Capres-Cawapres di 2024.

Yenny meyakini pilihannya untuk mendukung pasangan Ganjar-Mahfud juga akan sejalan dengan keluarga Gus Dur dan Gusdurian. 

Keyakinan tersebut lantaran ada sosok Mahfud yang punya latar belakang Nahdlatul Ulama (NU). Mahfud juga pernah mambantu Gus Dur di Kabinet Persatuan Nasional sebagai Menteri Pertahanan kala itu.

"Inilah yang menjadi landasan bagi kami untuk menambatkan pilihan. Profesor Doktor Mahfud MD adalah orang yang selama ini dekat dengan kami. Beliau adalah orang NU yang juga kader Gus Dur," ujar Yenny di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/10/2023), dikutip dari tayangan KompasTV.

Yenny menambahkan, kedekatan keluarga Gus Dur dengan Mahfud MD bukan baru terbentuk setelah Menkopolhukam itu dipilih sebagai Cawapres Ganjar Pranowo. Tapi sudah lama terjalin, sejak Almarhum Gus Dur masih ada. 

Baca Juga: Resmi Dukung Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid Masuk Dalam Tim Pemenangan

Mahfud MD dinilai sebagai sosok yang dibawa Gus Dur untuk menegakkan hukum di Indonesia. Konsistensi mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu dalam hal penegakan hukum pun telah teruji.

Mahfud juga merupakan sosok yang memperjuangkan pluralisme sebagaimana garis perjuangan Gus Dur selama ini.

"Dia (Mahud) teguh menyuarakan itu dari masa ke masa karena kedekatan roso tersebut kedekatan hati kami tersebut, maka kami barisan para kader Gus Dur menyatakan untuk mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," ujar Yenny. 

Menolak Cak Imin bersahabat dengan Prabowo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x