Kompas TV nasional hukum

Mabes Polri Tegaskan Tak Ada Perlakuan Khusus untuk Firli Bahuri yang Diperiksa Kasus Pemerasan

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 13:18 WIB
mabes-polri-tegaskan-tak-ada-perlakuan-khusus-untuk-firli-bahuri-yang-diperiksa-kasus-pemerasan
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Senin (29/5/2023). (Sumber: Grid.ID/Ragillita Desyaningrum)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Mabes Polri menegaskan tidak ada perlakuan khusus yang diberikan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Firli Bahuri saat menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri pada hari ini, Selasa (24/10/2023).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menegaskan, Mabes Polri memperlakukan Firli sama seperti saksi lainnya.  

“Enggak ada perlakuan khusus, sama saja tidak ada perlakuan khusus,” kata Ramadhan dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Mantan Wakil Ketua KPK Sebut Bukti Firli Bahuri Diduga Peras Syahrul Yasin Limpo Kuat Sekali

Firli diperkirakan tiba di Bareskrim Polri pukul 09.41 WIB, kedatangannya tidak terlihat oleh wartawan yang sudah berjaga-jaga di Bareskrim Polri sejak pagi.

Sebuah mobil sedan camry dengan nomor polisi B 1990 RFP terparkir di parkir belakang Gedung Rupatama Mabes Polri.

Diduga Firli masuk ke Gedung Bareskrim lewat belakang gedung Rupatama Mabes Polri.

“Masalah dia lewatnya mana saya enggak tahu, posisi saya di humas,” ujar Ramadhan.

Jenderal polisi bintang satu itu menegaskan, Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri hanya memfasilitasi tempat untuk pemeriksaan Firli Bahuri.

Adapun kasus tersebut tetap ditangani oleh Polda Metro Jaya.

“Yang perlu dicatat bahwa Bareskrim dalam hal ini Direktorat Tindak Pidana Korupsi hanya memberikan fasilitas ruang pemeriksaan atas permintaan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, penanganan proses penyidikan tetap dilaksanakan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” ujar Ramadhan.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya untuk Diperiksa Kasus Pemerasan ke SYL

Adapun Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Firli Bahuri telah datang ke Bareskrim Polri pada hari ini, Selasa (24/11/2023).

Kehadiran Firli untuk memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya guna menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dari informasi yang diperoleh, Firli sudah menjalani pemeriksaan di ruang riksa Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri lantai enam.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya memanggil ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa (24/10).

Pemeriksaan hari ini merupakan panggilan kedua kepada Firli Bahuri, setelah sebelumnya Ketua KPK itu tidak hadir pemeriksaan pada Jumat lalu (20/10).

Baca Juga: Kasus Dugaan Pemerasan ke SYL Tetap Ditangani Polda Metro Meski Firli Minta Diperiksa di Bareskrim




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x