Kompas TV nasional hukum

Ketua KPK Firli Bahuri Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya untuk Diperiksa Kasus Pemerasan ke SYL

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 10:38 WIB
ketua-kpk-firli-bahuri-penuhi-panggilan-polda-metro-jaya-untuk-diperiksa-kasus-pemerasan-ke-syl
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan keterangan terkait pelantikan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/6/2021). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Firli Bahuri telah datang ke Bareskrim Polri pada hari ini, Selasa (24/10/2023).

Kehadiran Firli diketahui untuk memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya guna menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kedatangan Firli Bahuri untuk menjalani pemeriksaan tersebut telah dikonfirmasi oleh Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Syafri Simanjuntak.

Baca Juga: Kasus Dugaan Pemerasan ke SYL Tetap Ditangani Polda Metro Meski Firli Minta Diperiksa di Bareskrim

"Sudah (hadir)," kata Ade melalui pesan singkat kepada wartawan di Bareskrim Polri pada Selasa.

Namun demikian, kedatangan Firli Bahuri di Bareskrim Mabes Polri tidak terlihat oleh awak media yang sejak pagi telah menunggu kedatangannya.

Kedatangan Ketua KPK itu diketahui dari mobil sedan Toyota Camry bernomor polisi B 19990 RFP yang sudah terparkir di halaman belakang gedung Rupatama Mabes Polri.

Kemungkinan Firli masuk ke Bareskrim Polri melalui gedung Rupatama yang terhubung dengan Gedung Bareskrim Polri. Keberadaan mobil Toyota Camry B 1990 RFP itu sudah terlihat pada pukul 09.42 WIB.

Adapun pemeriksaan hari ini merupakan panggilan kedua kepada Firli Bahuri, setelah Ketua KPK itu tidak hadir pada pemeriksaan pertama yang digelar Jumat (20/10/2023).

Baca Juga: Novel Baswedan Sebut Firli Bahuri Melarikan Diri dari Proses Hukum di Polda Metro Jaya, Ini Kata KPK

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya memanggil ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa (24/10).

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan membenarkan pemeriksaan Firli Bahuri dilakukan di Bareskrim Polri.

"Penyidik yang akan melakukan pemeriksaan terhadap FB selaku Ketua KPK RI adalah penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri," kata Ramadhan.


 

Ramadhan menekankan penanganan perkara tersebut tetap ditangani Polda Metro Jaya dengan asistensi Dittipikor Bareskrim Polri.

Baca Juga: Eks Penyidik Desak Pimpinan KPK Hadirkan Firli di Polda Metro, Singgung Hukuman Rintangi Penyidikan

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x