Kompas TV nasional rumah pemilu

Kata Yenny Wahid soal Capres-Cawapres yang Didukungnya: Muda dan Dekat dengan Keluarga Gus Dur

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 16:23 WIB
kata-yenny-wahid-soal-capres-cawapres-yang-didukungnya-muda-dan-dekat-dengan-keluarga-gus-dur
Putri Presiden Ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, usai peringatan Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023). (Sumber: ANTARA/Willi Irawan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Wahid Institute cum putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid, mengungkapkan ciri-ciri pasangan capres-cawapres yang akan didukung dirinya dan barisan kader Gus Dus atau Gusdurian pada Pilpres 2024.

Yenny menyatakan akan mengumumkan arah dukungan Gusdurian setelah semua bakal capres mengumumkan bakal cawapresnya.

“Dalam waktu dekat saya akan membuat keputusan saya, saya akan gabung di mana. Kita menunggu semuanya resmi dulu, baru kemudian kami akan memperlihatkan sikap resmi dari barisan kader Gusdur,” kata Yenny di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Baca Juga: Prabowo Pastikan Deklarasi Bacawapres Senin, Undang Gibran dan Erick Thohir Rapat Minggu Sore

Ia mengatakan faktor cawapres menjadi pertimbangan penting dalam menentukan arah dukungan.

Ia lalu mengungkapkan ciri-ciri sosok yang akan didukungnya, di antaranya muda atau yang memiliki jiwa muda dan yang sebelumnya memiliki kedekatan dengan keluarga Gus Dur.

“Faktor cawapres menjadi pertimbangan yang sangat penting, yang muda atau yang berjiwa muda. Spill-nya ya yang paling dekat dengan keluarga Gus Dur,” ujar Yenny.

Lebih lanjut, Yenny menegaskan, ia akan memaksimalkan dukungan untuk memenangkan pasangan capres-cawapres yang didukungnya, khususnya di Jawa Timur (Jatim).

"Yang jelas begitu kami menentukan kepada siapa (dukungan), kami siap untuk memperjuangkan secara maksimum, khusus untuk Jatim," pungkasnya.

Baca Juga: Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju Kumpul di Rumah Prabowo Malam Ini, Disebut Pilih Cawapres Gibran

Sebagai informasi, saat ini baru dua pasangan calon yang sudah mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kedua pasangan ini sama-sama mendaftar di hari pertama pendaftaran capres-cawapres di KPU pada Kamis (19/10/2023). 

Sementara bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, belum mengumumkan kandidat cawapresnya.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh KPU, pendaftaran bakal capres-cawapres akan ditutup pada Rabu (24/10) mendatang.


 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x