Kompas TV nasional rumah pemilu

Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju Kumpul di Rumah Prabowo Malam Ini, Disebut Pilih Cawapres Gibran

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 14:43 WIB
ketum-parpol-koalisi-indonesia-maju-kumpul-di-rumah-prabowo-malam-ini-disebut-pilih-cawapres-gibran
Foto arsip. Ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengelar pertemuan di rumah Prabowo Subianto di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) malam. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua umum (ketum) partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan berkumpul di rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023) malam.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. Ia mengatakan, pertemuan itu akan bertujuan untuk memutuskan bahwa KIM sepakat mendukung pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka. 

"Yang jelas malam ini akan memutuskan pasangan Prabowo Subianto-Gibran. Prosesnya sudah selesai," ujar Yusril, Minggu (22/10/2023).

Yusril menjelaskan, mereka tinggal mengambil keputusan untuk mendukung Prabowo-Gibran. 

Ia menyebut, pertemuan malam ini akan membuat kesepakatan hingga rencana deklarasi pasangan yang diusung KIM.

Baca Juga: Begini Respons Puan Maharani Usai Jokowi Sebut Restui Keputusan Gibran jadi Bacawapres

Meski begitu, ia belum dapat menginformasikan kapan Prabowo dan pasangannya akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI).

"Kapan akan didaftarkan ke KPU masih simpang siur. Saya kira malam ini akan dibahas dan diputuskan dengan mufakat dari semua anggota KIM," ujarnya.

Pakar Hukum Tata Negara itu mengatakan, rencana deklarasi kemungkinan diputuskan dalam rapat nanti malam.

"Belum tahu. Mungkin akan diputuskan nanti malam dalam rapat koalisi di Kertanegara jam 7," imbuh Yusril, dilansir dari Kompas.com.


Senada, juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Simanjuntak, mengatakan bahwa hari ini, Minggu (22/10/2023), para ketum parpol di KIM akan bertemu melakukan pembahasan nama bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto.

"Dalam rapat itu wajar terjadi silang pendapat dan hasilnya nanti akan diputuskan bersama siapa nama tersebut," katanya, usai Deklarasi Posko Nasional Prabowo di Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Dukung Semua Capres dan Cawapres yang Maju Pilpres 2024



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x