Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo Pastikan Deklarasi Bacawapres Senin, Undang Gibran dan Erick Thohir Rapat Minggu Sore

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 15:06 WIB
prabowo-pastikan-deklarasi-bacawapres-senin-undang-gibran-dan-erick-thohir-rapat-minggu-sore
Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengaku akan mendeklarasikan bacawapres pada Senin (23/10/2023) di Jakarta. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto memastikan akan mendeklarasikan diri dan pasangannya sebagai bacapres dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) besok, Senin (23/10/2023).

"Iya, insya Allah besok deklarasi. Di Jakarta, Ibu Kota Republik Indonesia," kata Prabowo yang hadir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara puncak peringatan Hari Santri di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Ia menegaskan, keputusan mengenai bacawapres yang mendampinginya maju di pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024 akan dirapatkan sore ini, Minggu, bersama para ketua umum (Ketum) partai politik (Parpol) KIM.

"Iya, Anda akan melihat perkembangan partai-partai koalisi banyak sudah mencalonkan dan mengusung beliau (Gibran), nanti sore ya rapat ketua umum Koalisi Indonesia Maju. Final-nya nanti sore," tegasnya kepada para wartawan.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI itu juga memastikan bahwa dua nama yang diusulkan menjadi bacawapres, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Erick Thohir, diundang dalam pertemuan tersebut.

"Insyaallah kami undang, saya kira panitia pasti undang juga," ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Dukung Semua Capres dan Cawapres yang Maju Pilpres 2024


Prabowo yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI itu memastikan bahwa dua nama yang diusulkan menjadi bacawapres, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Erick Thohir, diundang dalam pertemuan tersebut.

Dia juga menyebut telah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi terkait keinginan koalisi-nya untuk meminang Gibran sebagai bacawapres.

"Ya tentunya sebagai orang Indonesia yang adat budaya kita, tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita. Beliau bilang terserah Pak Wali (Gibran, red) kan sudah dewasa, kalau Pak Wali bersedia ya beliau pasti tidak menahan kira-kira begitu," ujarnya, dikutip dari Antara

Baca Juga: Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju Kumpul di Rumah Prabowo Malam Ini, Disebut Pilih Cawapres Gibran

Di sisi lain, Gibran telah bertemu dengan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Minggu. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu tiba di kediaman AHY di Jalan Prapanca No. 10, Jakarta, pukul 08.23 WIB.

Sebelumnya, pada Sabtu (21/10/2023), Gibran menemui Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di rumah dinasnya, Kompleks Menteri Widya Chandra IV/16, Jakarta.

Pertemuan tersebut dilakukan usai Partai Golkar resmi mendeklarasikan Gibran sebagai bacawapres Prabowo saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) kedua tahun 2023.

Meski sebelumnya sempat mengusulkan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai bacawapres Prabowo, Ketum PAN Zulkifli Hasan memberi tanggapan positif atas pengusungan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bacawapres KIM.

“Agar Indonesia maju terus, silaturahim tidak boleh terputus. Bismillah, Mas Wali,” kata Zulhas, Sabtu (21/10) dilansir dari Kompas.com.

Sebagai informasi, KIM terdiri dari delapan parpol yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, PRIMA, dan Partai Demokrat.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x