Kompas TV nasional rumah pemilu

Ketua KPU Sebut Cek Kesehatan Anies-Muhaimin di RSPAD akan Selesai Sore Ini

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 09:58 WIB
ketua-kpu-sebut-cek-kesehatan-anies-muhaimin-di-rspad-akan-selesai-sore-ini
Ketua KPU Hasyim Asyari dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (21/10/2023) pagi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengungkapkan bahwa pemeriksaan kesehatan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, akan selesai pada Sabtu (21/10/2023) sore.

"Mungkin bakda asar, sekitar jam 4 (sore) nanti," ujar Hasyim dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (21/10/2023) pagi.

Usai melakukan pemeriksaan kesehatan sebagai syarat berkontestasi di pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024 itu, kata Hasyim, pasangan yang diusung Koalisi Perubahan itu akan melakukan jumpa pers di hadapan para jurnalis.

"Nanti akan diberikan kesempatan bakal pasangan calon untuk menemui jurnalis untuk menyampaikan konferensi pers, tentang apa saja yang telah dilakukan mulai dari pagi sampai kira-kira jam 4 sore nanti," kata Hasyim.

Baca Juga: Anies-Muhaimin Cek Kesehatan dari KPU di RSPAD, Bersamaan tapi Tempat dan Dokter Berbeda

Sebelumnya, Hasyim mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan atau medical check-up bagi pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024 ini sepenuhnya di bawah otoritas tim RSPAD.

"Pemeriksaan itu hasilnya bagaimana, perlu diulang atau tidak, dalam kondisi-kondisi tertentu, otoritasnya di tim pemeriksa kesehatan karena kami memahami dan menyadari, KPU ini kan tidak punya kompetensi untuk menentukan itu, yang punya kompetensi adalah tim pemeriksa di RSPAD," ujarnya, Jumat (20/10/2023) dilansir dari tayangan KompasTV.

Ia pun mengungkapkan, tujuan pemeriksaan ini ialah memastikan kesehatan fisik dan psikologis para capres dan cawapres mampu menjalankan tugas memimpin negara selama satu periode. 

"Secara jasmani maupun rohani itu mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden untuk satu periode ke depan," ujarnya.

Baca Juga: Anies dan Muhaimin Siap Jalani Tes Kesehatan di RSPAD, Ngaku Berpuasa Sejak Malam dan Tidur Awal


Pasangan Anies - Muhaimin menjadi yang pertama melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu pagi.

Keduanya mengaku telah siap menjalani pemeriksaan yang akan berlangsung sejak pagi hingga sore ini.

Anies mengaku telah berpuasa sejak Jumat malam sekitar pukul 19.00 WIB. Ia mengaku makan malam usai melakukan ibadah salat maghrib, lebih cepat daripada waktu makan malam biasanya.

"Menurut aturannya, kita berhenti makan dan minum dari jam delapan malam. Tapi makan malam saya sengaja diawalkan, setelah salat maghrib. Biasanya setelah salat isya," kata Anies, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga: Kepala RSPAD: Pemeriksaan Kesehatan Anies-Muhaimin Libatkan 50 Dokter, Berlangsung 8-10 Jam




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x