Kompas TV nasional rumah pemilu

Tidak Mengundurkan Diri, Mahfud Pastikan Kerjaan di Kemenko Tetap Jalan meski Masuk Tahap Kampanye

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 05:30 WIB
tidak-mengundurkan-diri-mahfud-pastikan-kerjaan-di-kemenko-tetap-jalan-meski-masuk-tahap-kampanye
Bakal Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD menunjukkan kemeja Putih yang dipakainya saat ingin mendaftar ke KPU di Tugu Proklamasi, Kamis (19/10/2023). Kemeja Putih yang dipakai Mahfud menyiratkan pesan lima tahun lalu saat dirinya batal menjadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menkopolhukam Mahfud MD tetap memimpin Kemenko Polhukam meski sudah mendaftarkan diri sebagai Cawapres Ganjar Pranowo.

Mahfud menilai dirinya masih bisa membagi waktu antara kampanye dan pekerjaannya di Kemenko Polhukam.

Ia juga sudah membuat jadwal kampanye hanya satu hari dalam seminggu. Sisanya tetap bekerja sebagai Menkopolhukam.

"Izin kampanye hanya 1 hari dalam 1 minggu. Dalam 9 minggu berarti cuma 9 hari. Masih tetap seperti biasa," ujar Mahfud saat ditemui di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Jumat (20/10/2023) malam. Dikutip dari Kompas.com

Mahfud menjelaskan dalam aturannya, menteri yang menjadi peserta Pemilu 2024 harus meminta izin dari presiden. Hal ini sudah dilaksanakan oleh Mahfud dan sudah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Baca Juga: TPN Ganjar Jelaskan Visi Misi 8 Gerak Cepat Milik Pasangan Ganjar-Mahfud

Kemudian menteri dan pejabat setingkat menteri tidak perlu mengundurkan diri jika ditetapkan sebagai Capres atau Cawapres. 

Namun para pejabat tersebut harus mendapatkan persetujuan presiden dan cuti/non-aktif sebagai menteri dan pejabat setingkat menteri terhitung sejak ditetapkan sebagai Capres dan Cawapres sampai selesainya tahapan Pilpres 2024. 

Menurut Mahfud dengan aturan tersebut dirinya tidak perlu mundur dari tugas yang diberikan Presiden Jokowi untuk memimpin Kemenko Polhukam. 

Ia juga memastikan kegiatan kampanye Pilpres 2024, tidak membuat pekerjaannya sebagai Menko Polhukam akan terbengkalai. 

"Enggak akan terbengkalai. Kenapa? Kan aturannya begitu (tidak perlu mundur bisa cuti). Yang penting ikuti aturan dulu," ujarnya.

Baca Juga: Kelakar Mahfud MD: Saya Pakai Baju Putih yang 5 Tahun Lalu Saya Siapkan untuk Daftar ke KPU

"Yang lain kan juga toh, para menteri yang lain yang ikut ndak berhenti juga," imbuh Mahfud.

Sebelumnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi mendaftar sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden di KPU, Kamis (19/10).

Dalam kelengkapan berkas, KPU menyatakan dokumen pendaftaran pasangan Ganjar Mahfud dinyatakan lengkap. 

Setelah ini Paslon presiden dan wakil presiden dari partai gabungan PDIP, PPP, Partai Hanura dan Pertai Perindo ini dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang difasilitasi KPU di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (22/10/2023).


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x