Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Izinkan Gubernur Lemhannas Masuk TPN Ganjar, soal Aturan Cuti atau Mundur Diurus Mensesneg

Kompas.tv - 13 Oktober 2023, 10:03 WIB
jokowi-izinkan-gubernur-lemhannas-masuk-tpn-ganjar-soal-aturan-cuti-atau-mundur-diurus-mensesneg
Andi Widjajanto saat menjadi Ketua Tim Cakra 19 Jokowi-Maruf Amin di Program Rosi KOMPAS TV. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo sudah menerima permohonan izin dari Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto untuk bergabung ke Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo (TPN Ganjar). 

Presiden Jokowi menyatakan tidak keberatan dengan langkah Andi bergabung dengan TPN Ganjar dan menerima permohonan izin untuk bergabung dengan TPN Ganjar.

Namun Jokowi akan meminta Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk mengkaji aturan teknis agar keputusan Andi masuk di TPN Ganjar tidak mengganggu Lemhannas. Apakah nantinya Andi harus mengajukan cuti atau mundur akan diatur oleh Setneg.

"Kalau izin, saya sih izinkan. Hanya aturannya seperti apa nanti Pak Mensesneg. Apakah harus cuti, apakah harus mundur ke Sekretariat Negara. Teknis ya," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023) malam.

Sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan PDIP selalu mematuhi aturan yang berlaku mengenai siapa saja yang bisa masuk dalam tim sukses TPN Ganjar yang akan didaftarkan ke KPU.

Baca Juga: Andi Widjajanto Gabung ke Tim Pemenangan Nasional Ganjar: Saya Ini Merah

Menurut Hasto, pihaknya sudah berkonsiltasi dengan KPU untuk memasukkan Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto di tim sukses TPN Ganjar. 

Tak hanya berkonsultasi ke KPU, Hasto meyakini Andi juga sudah berkomunikasi dan meminta izin ke Presiden Jokowi. 

Di TPN Ganjar, Andi kembali mendapat posisi strategis yakni sebagai Deputi Politik 5.0. Tugas Andi menjadi think tank atau wadah pemikir yang akan mengumpulkan dan mengkaji data untuk strategi teknis TPN Ganjar. 

"Mas Andi mengisi posisi Deputi Politik 5.0, ini posisi strategis sehingga tidak mungkin tanpa dikonsultasikan dengan Bapak Presiden Jokowi," ujar Hasto di markas TPN Ganjar, di Gedung High End, Rabu (11/10/2023) malam.

Selain Andi ada nama lain yang masih duduk di kementerian/lembaga pemerintah masuk tim sukses Ganjar. Mereka yakni Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani.

Baca Juga: Dari Anggota Timses, Kini Dilantik Jadi Gubernur Lemhanas! Siapa Andi Widjajanto?

Di TPN Ganjar Benny yang juga wakil ketua umum Partai Hanura mendapat posisi wakil ketua.

Kemudian Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo. Sama seperti Benny, posisi Angela di TPN adalah wakil ketua. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x