Kompas TV nasional peristiwa

Erick Thohir Ditunjuk Jadi Menko Marves Ad Interim, Gantikan Luhut Sementara

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 13:19 WIB
erick-thohir-ditunjuk-jadi-menko-marves-ad-interim-gantikan-luhut-sementara
Menteri BUMN Erick Thohir ditunjuk Jokowi jadi Menko Marves ad interim. (Sumber: PTPN Group)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) ad interim.

Ari menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil karena Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan kini tengah sakit dan menjalani pemulihan di rumah sakit

"Karena saat ini Pak LBP (Luhut Binsar Panjaitan), Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Menko Marves ad interim," kata Ari, Rabu (11/2023).

Baca Juga: Luhut Ceritakan Awal Mula Dirawat di Rumah Sakit: Saya Merasa Kelelahan yang Amat Luar Biasa

Sebagai Menko Marves ad interim, Erick Thohir akan mengenang semua tugas yang menjadi tanggung jawab Luhut sebelumnya, seperti menjadi Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional, Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung, hingga Koordinator Penanganan Polusi Udara di Jakarta.

"Menko ad interim menjalankan semua tugas yang diemban oleh menko. Sepanjang jabatan itu terkait dengan tugas dan amanah sebagai menko, maka hal itu menjadi tugas menko ad-interim,” jelas Ari.

Ari bilang, Erick Thohir mulai bertugas hari ini sebagai Menko Marves ad interim sampai adanya keputusan dari Jokowi.

“Berlaku mulai hari ini sampai ada keputusan dari Bapak Presiden terkait hal ini. Kita semua berharap Pak LBP bisa segera pulih, kembali menjalankan tugas-tugas yang diemban selama ini,” tandasnya.

Diberitakan Kompas.TV sebelumnya, Luhut saat ini tengah menjalani proses pemulihan kesehatan di Singapura usai dikabarkan jatuh sakit.

Melalui akun Instagram pribadinya @luhut.panjdjaitan pada Selasa (10/10), pria 76 tahun itu mengaku mengalami kelelahan yang luar biasa usai mengikuti sejumlah kegiatan.

Baca Juga: Menteri Luhut Pandjaitan Jalani Pemulihan Kesehatan di Singapura, Jubir: Mohon Doanya Terus, ya

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," tulis luhut di Instagram.

Sang istri pun langsung membawa Luhut ke salah satu rumah sakit di Jakarta. Luhut bilang, dokter memintanya istirahat total.


 

Tak lama, ia mendapat tawaran dari Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean untuk dirawat di negara tersebut. Ia kemudian memutuskan menerimanya dan menjalani perawatan di Singapura.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x