Kompas TV nasional hukum

Kejagung: Kasus Kopi Sianida yang Membunuh Mirna Salihin Sudah Selesai, Jessica Wongso Pelakunya

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 07:30 WIB
kejagung-kasus-kopi-sianida-yang-membunuh-mirna-salihin-sudah-selesai-jessica-wongso-pelakunya
Perjalanan kasus kopi sianida Jessica Wongso yang dijadikan film dokumenter Netflix, tayang pada September 2023. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kejaksaan Agung atau Kejagung menegaskan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin oleh Jessica Wongso telah selesai dengan segala pembuktian dan pengujian yang dilakukan.

Dengan demikian, tidak ada alasan untuk menyatakan ada kekeliruan atau kesalahan terkait keputusan hakim yang menjatuhkan hukuman pidana kepada Jessica Wongso.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan kasus pembunuhan Mirna Salihin telah diuji sebanyak lima kali dalam berbagai tingkatan pengadilan.

Baca Juga: Respons Jessica Wongso usai Dokumenter Kasus Sianida di Netflix Viral, Kuasa Hukum: Dia Heran

“Saya nyatakan bahwa kasus itu telah selesai, karena telah diuji lima kali dalam berbagai tingkatan pengadilan, mulai dari pengadilan negeri, pengadilan tinggi, Mahkamah Agung, bahkan telah dua kali dilakukan upaya hukum luar biasa berupa PK (peninjauan kembali),” kata Ketut di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Ketut mengaku merasa perlu menyampaikan pernyataan ini karena banyak media yang bertanya kepadanya.

Terlebih, setelah kasus yang dikenal dengan istilah Kopi Sianida itu viral setelah diangkat lewat film dokumenter oleh Netflix dengan judul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso.

Mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Bali itu menjelaskan, film dokumenter tersebut sangat memengaruhi opini publik terhadap kasus yang terjadi di awal 2016 itu.

Menurut dia, jaksa penuntut umum telah mampu meyakinkan hakim melalui proses pembuktian dalam berbagai tingkatan.

Baca Juga: Polemik Soal Tuntutan Jessica Wongso Muncul Usai Film Dokumenter Kasus Sianida Tayang di Netflix



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x