Kompas TV nasional rumah pemilu

Gerindra Pertimbangkan Gibran Jadi Bakal Cawapres, Begini Tanggapan Golkar

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 15:05 WIB
gerindra-pertimbangkan-gibran-jadi-bakal-cawapres-begini-tanggapan-golkar
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (27/7/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - DPP Partai Golkar menanggapi isu Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dipertimbangkan Partai Gerindra menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Melchias Marcus Mekeng menyebut, Partai Gerindra harus mengkomunikasikan dengan jajaran partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju (KIM) bila ingin mengusulkan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. 

Adapun KIM saat ini terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda dan Partai Gelora. 

Baca Juga: Nama Gibran Terus Disebut Jadi Bakal Cawapres Prabowo, Dasco Sebut Aspirasi Cabang

"Ya, namanya politik kan harus melalui proses negosiasi dan komunikasi yang intens untuk mendapatkan hasil yang bisa diterima oleh berbagai pihak," kata Mekeng kepada wartawan, Senin (9/10/2023). 

Ia menyatakan, partai berlambang pohon beringin itu masih menjagokan ketua umumnya, Airlangga Hartarto untuk maju sebagai calon pendamping Prabowo di pesta demokrasi nanti. 

"Ya sampai sekarang Golkar tetap mendorong agar Airlangga menjadi Cawapres Pak Prabowo,” ujarnya. 

Menurut dia, sosok Airlangga sangat berpengalaman di bidang politik dan pemerintahan. Selain itu, Partai Golkar juga merupakan salah satu partai terbesar di Indonesia. 

“Karena (Airlangga) dilihat dari berbagai aspek seperti pengalaman di bidang politik, organisasi dan bidang pemerintahan serta sebagai ketum parpol nomor urut 2,” katanya. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya mempertimbangkan nama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Ia menjelaskan, pertimbangan itu setelah dalam Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) DPC Tangerang Selatan muncul nama Gibran sebagai calon pendamping Prabowo. 

Baca Juga: Relawan Samawi Usul Gibran Jadi Cawapres Prabowo Subianto

"Yang disampaikan oleh Ketua DPC adalah hasil resmi dari Rakorcab Kota Tangsel, dan kami pikir itu adalah aspirasi dari cabang yang nanti menjadi salah satu pertimbangan dari capres Partai Gerindra juga untuk menentukan cawapres," kata Dasco kepada wartawan, Minggu (8/10/2023).  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x