Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-78 TNI di Monas Hari Ini

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 08:22 WIB
jokowi-pimpin-upacara-hut-ke-78-tni-di-monas-hari-ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia yang digelar di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (5/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia yang digelar di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Upacara dimulai sejak pukul 07.24 WIB dengan peniupan terompet. Adapun, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sang istri, Wury Estu Handayani, tiba di Monas pukul 08.00 WIB.

Rombongan Jokowi langsung menuju ke mimbar kehormatan dan duduk di tempat yang telah disediakan. Kemudian, dia dijemput menggunakan tank untuk memeriksa pasukan upacara.

Baca Juga: Penampakan Tank, Alutsista dan Personel TNI di Monas dalam Rangka HUT ke 78 TNI

Dalam upacara ini, Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad Mayor Jenderal TNI KHoirul Anam menjadi komandan upacara. Adapun, perwira upacara adalah Kepala Staf Komando Garnisun Tetap 1 Jakarta Perwira Upacara Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani.

Jokowi akan memberikan amanat dan tanda kehormatan dalam upacara HUT ke-78 TNI. Dalam hal ini, penerima tanda kehormatan negara, di antaranya dari matra Angkatan Darat (AD) adalah Panglima Komando Daerah Militer 13 Merdeka Mayor Jenderal TNI Legowo R Jatmiko.


Kemudian, dari Angkatan Laut (AL) adalah Asisten Potensi Maritim Kepala Staf AL Mayor Jenderal TNI Marinir Markos, dan dari matra Angkatan Udara (AU) adalah Panglima Komando Operasi Udara 2 Marsekal Muda TNI Andi Kustoro.

Sementara, pengucap Sapta Marga adalah Kolonel Infanteri Sigit Hengki Purwanto (Danbrigif Mek 16/WY), didampingi Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang) dan Kolonel Pas Dili Setiawan (Asren Kopasgat).

Baca Juga: Pagi Ini Kualitas Udara DKI Jakarta Masuk Kategori Tidak Sehat

Dalam upacara ini, TNI menurunkan sebanyak 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista. TNI mengusung tema “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x