Kompas TV nasional humaniora

Wajib Dicoba, Ini 5 Cara Mencegah Bullying di Sekolah

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 10:57 WIB
wajib-dicoba-ini-5-cara-mencegah-bullying-di-sekolah
Ilustrasi perundungan atau bullying  (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bullying alias perundungan adalah perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang untuk menyerang seseorang yang dianggap lemah. Bullying dapat terjadi di mana saja, termasuk di sekolah.

Bullying dapat berdampak negatif bagi korban, baik secara fisik maupun mental. Korban bullying dapat mengalami depresi, kecemasan, dan penurunan prestasi akademik.

Oleh karena itu, penting untuk mencegah bullying di sekolah. Melansir laman unicef.org, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bullying di sekolah:

Baca Juga: Polisi Mulai Selidiki Kasus Viral Bullying Remaja Kuningan, Sistem Peradilan Anak Diutamakan

1. Edukasi tentang bullying

Langkah pertama untuk mencegah bullying adalah dengan mengedukasi siswa tentang bullying. Siswa perlu memahami apa itu bullying, jenis-jenis , dan dampak negatif dari bullying.

Edukasi tentang bullying dapat dilakukan oleh guru, orang tua, atau pihak sekolah lainnya. Edukasi dapat dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar, sosialisasi, atau kampanye anti-bullying.

2. Ciptakan lingkungan sekolah yang aman

Lingkungan sekolah yang aman dapat membantu mencegah bullying. Sekolah perlu menciptakan lingkungan yang mendukung dan inklusif, di mana semua siswa merasa aman dan diterima.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x