Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei SMRC di Jawa Timur: Ganjar-Mahfud 45%, Prabowo-Erick 28%, Anies-Cak Imin 12%

Kompas.tv - 28 September 2023, 20:23 WIB
survei-smrc-di-jawa-timur-ganjar-mahfud-45-prabowo-erick-28-anies-cak-imin-12
Kolase tiga bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024, (dari kiri ke kanan) Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Elektabilitas bakal pasangan calon (paslon) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menunjukkan peringkat tertinggi dalam simulasi tiga bakal paslon yang dilakukan oleh lembaga Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC) di Provinsi Jawa Timur. 

Tiga bakal paslon itu adalah Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Erick Thohir dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Adapun, jajak pendapat itu dilaksanakn oleh SMRC di Jawa Timur pada 20-22 September 2023. 

"Di Jawa Timur, dukungan pada pasangan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 12 persen, Ganjar Pranowo–Mahfud MD 45 Persen, Prabowo Subianto–Erick Thohir 28 persen, dan tidak jawab 14 persen," kata Peneliti Senior SMRC Saiful Mujani dalam keterangan tertulis, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga: Tanggapi Survei SMRC soal Elektabilitasnya, Anies Baswedan Jawab Santai: ya Nggak Apa-Apa

Saiful menyebut, setelah sekitar dua atau tiga minggu pasca deklarasi Anies-Cak Imin, dukungan kepada pasangan ini di Jawa Timur belum mengalami perkembangan.  

“Mungkin butuh waktu yang lebih lama lagi untuk mengkampanyekan pasangan Amin ini (agar lebih berkembang). Setidak-tidaknya sampai survei terakhir ini (20-22 September 2023), kita belum melihat adanya perkembangan positif terhadap pasangan ini,” ujarnya.  

Sebagai perbandingan, SMRC juga melakukan survei nasional secara tatap muka persis setelah deklarasi Anies-Cak Imin pada 2 September 2023. Survei nasional tersebut dilakukan pada 2 sampai 11 September 2023. 

Survei dilakukan secara nasional, namun yang dianalisis adalah khusus di Jawa Timur. 

"Dalam format tanpa pasangan pada simulasi tiga nama, Ganjar Pranowo mendapat dukungan 44 persen, Prabowo Subianto 23 persen, Anies Baswedan 14,2 persen, sementara yang tidak menjawab atau tidak tahu 18,8 persen," ujarnya.

Saiful menjelaskan bahwa suara Anies di Jawa Timur tidak banyak berbeda dengan suaranya di tingkat nasional, bahkan cenderung lebih rendah. 

"Pada survei sebelumnya (31 Juli – 11 Agustus 2023), secara nasional Anies mendapatkan dukungan 20,4 persen," katanya.  

"Ini menunjukkan di Jawa Timur, di mana deklarasi Anies-Cak Imin itu dilakukan, tidak membuat Anies menguat untuk sementara ini. Di Jawa Timur, Ganjar masih unggul, terutama dengan Anies, dengan selisih dukungan sekitar 30 persen,” katanya.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia di Jawa Timur yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 80% dari total populasi Jawa Timur. 


 

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Sebanyak 140 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, divalidasi, dan discreening. 

Baca Juga: Anies dan Cak Imin Bertemu Rizieq Shihab di Petamburan Jakarta, Apa yang Dibahas?

Margin of error survei diperkirakan ±8,5% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Survei dilakukan pada 20-22 September 2023.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x