Kompas TV nasional politik

Tanggapi Survei SMRC soal Elektabilitasnya, Anies Baswedan Jawab Santai: ya Nggak Apa-Apa

Kompas.tv - 15 September 2023, 18:15 WIB
tanggapi-survei-smrc-soal-elektabilitasnya-anies-baswedan-jawab-santai-ya-nggak-apa-apa
Anies Baswedan (kanan) tiba di markas PKB, Jakarta, Senin (11/9/2023). (Sumber: Tribunnews.com/Ibriza.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Anies Baswedan selaku bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) menanggapi hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Dalam hasil survei tersebut elektabilitas Anies Baswedan disebut berada di bawah bacapres lainnya, yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Merespons hal itu, Anies menjawab santai dan mengatakan tidak apa-apa.

"Ya enggak apa-apa," kata Anies kepada wartawan, Jumat (15/9/2023), dikutip dari laporan tim jurnalis KompasTV.

Menurut survei terbaru SMRC yang dirilis pada Kamis (14/9) kemarin, pasangan dari Koalisi Perubahan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mendapat dukungan publik sebesar 16,5 persen.

Baca Juga: Hasil Survei SMRC Bacapres-Bacawapres: Ganjar-RK 35,4%, Prabowo-Erick 31,7%, Anies-Muhaimin 16,5%

Survei tersebut merupakan pertama kalinya SMRC memetakan dukungan terhadap Anies-Muhaimin.

Oleh sebab itu, hasil survei tersebut tidak bisa menunjukkan apakah sentimen pemilih pada deklarasi Anies-Muhaimin cenderung positif atau negatif.

Namun, dalam survei individual di mana Anies berhadapan dengan Ganjar dan Prabowo, suara mantan Gubernur DKI Jakarta itu sekitar 20 persen.


 

"Artinya, ketika Anies berpasangan dengan Muhaimin, data ini menunjukkan suara Anies belum mengalami kenaikan," kata pendiri SMRC, Saiful Mujani, dikutip dari siaran pers.

Ia menyebut,  16,5 persen suara Anies-Muhaimin mencerminkan kekuatan dua partai, yaitu bisa Nasdem dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), atau Nasdem dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Mengacu pada hal itu,  kata Saiful, Anies tidak atau kurang memiliki pemilih independen, sebab, pendukungnya hanya berasal dari partai-partai pendukung.

Baca Juga: Nasdem Tanggapi Elektabilitas Anies-Cak Imin di Survei SMRC: Kami Berbenah, Genjot Pulau Jawa

Survei SMRC ini digelar pada 5-8 September 2023. Survei melibatkan 1.212 responden yang dipilih melalui metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error survei diperkirakan +/-2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Anies dan Cak Imin, mendeklarasikan diri sebagai bakal capres dan bakal cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan pada Sabtu (2/9) lalu di Surabaya, Jawa Timur.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x