Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Bicara Pilpres 2024: Beda Pilihan Itu Wajar, Mau Pilih Prabowo, Anies atau Ganjar, Silakan

Kompas.tv - 26 September 2023, 20:50 WIB
jokowi-bicara-pilpres-2024-beda-pilihan-itu-wajar-mau-pilih-prabowo-anies-atau-ganjar-silakan
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di pembukaan Jambore Nasional Dai Desa Parmusi di Cianjur, Selasa (26/9/2023). Presiden Jokowi mempersilakan masyarakat memilih bakal calon presiden (bacapres) pilihan masing-masing dalam Pilpres 2024 mendatang.(Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan suhu politik sudah mulai menghangat menjelang Pilpres 2024.

Kepala Negara pun mempersilakan masyarakat memilih bakal calon presiden (bacapres) pilihan masing-masing dalam Pilpres 2024 mendatang.

Pasalnya, kata dia, tak perlu ada yang diributkan terkait perbedaan pilihan capres-cawapres.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam pembukaan Jambore Nasional Dai Desa Madani yang digelar oleh Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (26/9/2023).

"Perbedaan pilihan itu wajar. Mau milih Pak Prabowo, silakan. Mau milih Pak Anies, silakan. Mau milih Pak Ganjar, silakan. Perbedaan pilihan itu wajar, enggak perlu diributkan," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan para kandidat capres untuk dapat selalu memahami bahwa menang dan kalah dalam pemilihan juga merupakan sesuatu yang wajar.

"Menang dan kalah dalam Pemilu, Pilpres, Pilkada itu juga wajar, biasa. Calonnya tiga, masak minta menang semua," jelasnya.

Ia kemudian menekankan, persatuan dan kesatuan menjadi hal yang penting dalam kontestasi politik.

"Yang paling penting dan utama itu menjaga persatuan dan kesatuan, dan itu dimulai dari unit terkecil, yaitu desa," ucap Jokowi.

"Inilah pemahaman yang harus diberikan kepada masyarakat bahwa persatuan dan kesatuan sangat penting sekali. Jangan sampai ketiga calon ini sudah terpilih satu, sudah ngopi-ngopi makan-makan bersama, yang di bawah masih ribut, jangan," sambung Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x