Kompas TV nasional hukum

Saat Hakim Potong Bantahan Rafael Alun terkait Keterangan Saksi: Nanti ya, Ada Waktunya

Kompas.tv - 25 September 2023, 17:05 WIB
saat-hakim-potong-bantahan-rafael-alun-terkait-keterangan-saksi-nanti-ya-ada-waktunya
Terdakwa Rafael Alun Trisambodo saat menjalani sidang lanjutan kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/9/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo membantah keterangan saksi yakni pegawai PT Artha Mega Ekadhana (ARME) Ary Fadilah yang dihadirkan di muka persidangan, Senin (25/9/2023).

Kesaksian yang dibantah Rafael yakni yang menyebut dirinya beberapa kali mengajak sang istri, Ernie Meike Torondek menghadiri rapat PT ARME, termasuk rapat pemegang saham.

Seperti diketahui, PT ARME merupakan perusahaan konsultan pajak yang didirikan Rafael Alun, di mana Ernie ditunjuk sebagai salah satu pemegang saham dalam perusahaan tersebut.

Mulanya Hakim Ketua Suparman Nyompa menanyakan kepada Rafael Alun apakah ada keterangan saksi yang tidak sesuai atau tidak.

"Dari keterangan saksi apakah ada yang salah?" tanya hakim kepada Rafael.

"Saya sudah mendengarkan apa yang sudah disampaikan para saksi dan semuanya benar," jawab Rafael.

"Namun, perlu saya tegaskan di sini, bahwa yang tadi disampaikan oleh saksi Bapak Ary Fadilah mengenai komisaris de jure, itu istri saya, de facto itu saya. Itu memang benar dan saya tidak pernah mengajak istri saya untuk ikut rapat," sambung Rafael.

Saat Rafael ingin menjelaskan lebih lanjut terkait sanggahan tersebut, hakim kemudian memotong pernyataan ayah Mario Dandy tersebut.

Hal ini dikarenakan, Rafael Alun akan memiliki waktu tersendiri untuk membantah keterangan para saksi.

"Nanti-nanti, lah. Nanti keterangan Saudara, ya. Ada waktunya. Ini dulu keterangan saksi kalau ada yang ingin dibantah, sekarang dibantah kalau ada yang salah," ujar hakim.

"Nanti kesempatan Saudara bercerita panjang lebar ada waktunya," imbuhnya.

Sebelumnya, saat menjadi saksi kasus gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat hari ini, Senin (25/9), konsultan pajak PT Artha Mega Ekadhana (PT ARME) Ary Fadilah mengungkap Rafael Alun beberapa kali mengikuti rapat pemegang saham.

Baca Juga: Saksi Ungkap Para Pemegang Saham PT ARME Milik Rafael Alun, Ada Istri Pegawai Pajak



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x