Kompas TV nasional hukum

Saksi Ungkap Para Pemegang Saham PT ARME Milik Rafael Alun, Ada Istri Pegawai Pajak

Kompas.tv - 25 September 2023, 13:55 WIB
saksi-ungkap-para-pemegang-saham-pt-arme-milik-rafael-alun-ada-istri-pegawai-pajak
Saksi dari PT ARME, Ary Fadilah saat memberikan kesaksiannya di sidang lanjutan kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan terdakwa mantan Pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo, Senin (25/9/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konsultan pajak di PT Artha Mega Ekadhana (ARME), Ary Fadilah, menjadi saksi dalam persidangan kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan terdakwa mantan Pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo.

Seperti diketahui PT ARME merupakan perusahaan konsultan pajak yang didirikan Rafael Alun.

Dalam kesaksiannya, Ary mengungkap pemegang saham dari PT ARME tersebut, salah satunya istri Rafael Alun, Ernie Meike Torondek.

Hal ini bermula saat jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertanya kepada Ary terkait siapa saja pemegang saham di PT ARME.

"Terkait PT ARME, ini siapa saja pemiliknya?" tanya jaksa kepada Ary di Pengadailan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

"Kalau pemilik ada beberapa yang saya ketahui, pertama istrinya Pak Alun sebagai pemegang saham. Kemudian pemegang saham berikutnya, ada pak Ujeng. lalu, Pak Wijayanto, Ibu Oki, dan Ibu Raniani Dita," kata Ary.

Lebih lanjut, jaksa menanyakan selain istri Rafael Alun, adakah di antara pemegang saham PT ARME yang memiliki hubungan keluarga dengan pegawai pajak.

Terkait hal tersebut, Ary mengatakan ada Oki yang merupakan pemegang saham PT ARME merupakan istri pegawai Pajak bernama Budi Susilo.

"Selain istri terdakwa, nama-nama lain yang disebutkan, juga ada hubungan dengan orang Pajak?" tanya jaksa.

"Ibu Oki itu istri dari Bapak Budi Susilo," jawab Ary.

"Budi Susilo itu pegawai Pajak?" tanya jaksa.

"Pegawai Pajak," jawab Ary.

Baca Juga: Rafael Alun Trisambodo Minta Dilepaskan dari Tahanan dan Asetnya yang Disita Dikembalikan

Dalam kesempatan itu, jaksa juga turut mendalami terkait keterlibatan istri Rafael Alun sebagai pemegang saham dalam operasional PT ARME.

"Istri terdakwa apakah ikut terlibat dalam operasional perusahaan?" tanya jaksa.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x