Kompas TV nasional politik

Soal Ganjar Dinilai Rendahkan Profesi Jurnalis, Najwa: Saya Bukan Tersinggung, tapi Menjernihkan

Kompas.tv - 22 September 2023, 10:08 WIB
soal-ganjar-dinilai-rendahkan-profesi-jurnalis-najwa-saya-bukan-tersinggung-tapi-menjernihkan
Presenter sekaligus jurnalis Najwa Shihab (Sumber: Instagram/najwashihab)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jurnalis senior Najwa Shihab buka suara menjelaskan soal pernyataan Ganjar Pranowo yang dinilai merendahkan profesi jurnalis dalam program Mata Najwa di Universitas Gadjah Mada (UGM) beberapa waktu lalu.

Najwa mengaku tidak tersinggung dengan pernyataan Ganjar yang dianggap merendahkan profesi jurnalis. Ia mengatakan bahwa pernyataan Ganjar Pranowo tersebut maksudnya tentang pentingnya institusi pendidikan di Indonesia.

"Jadi bukan soal tersinggung, biasa saja, agar tidak ke mana-mana. Pernyataan Ganjar Pranowo maksudnya tentang pentingnya institusi pendidikan, untuk mendapatkan orang-orang terbaik," kata Najwa saat dimintai tanggapannya pada Kamis (21/9/2023).

Baca Juga: Ceritakan Masa Lalu, Ganjar Pranowo Ngaku hingga Kini Suka Bau Ompol Anak-anak

Menurut Najwa, konteks pembicaraan Ganjar Pranowo adalah pentingnya dunia pendidikan diisi oleh orang-orang baik dan yang terbaik. 

Sebab, hal itu akan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sehingga sumber daya manusia (SDM) Indonesia bisa semakin meningkat.

Karena itu, Ganjar kemudian menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen, bukan bekerja di bidang yang lain.

Saat Ganjar mengeluarkan pernyataan itu, Najwa menjelaskan dirinya kemudian merespons karena ingin mengetahui apa yang dimaksud mantan Gubernur Jawa Tengah itu. Sebab, pernyataan itu bisa disalah pahami oleh publik.

"Saya tentu perlu merespons saat itu, karena tugas jurnalis, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya saya katakan bahwa profesi jurnalis itu membanggakan," ujarnya.

Baca Juga: Najwa Shihab Tolak Jadi Timses Anies-Cak Imin di Pilpres 2024



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x