Kompas TV nasional rumah pemilu

Politikus PDIP Akui Ridwan Kamil Bisa Bantu Pemenangan Ganjar di Jawa Barat

Kompas.tv - 12 September 2023, 13:48 WIB
politikus-pdip-akui-ridwan-kamil-bisa-bantu-pemenangan-ganjar-di-jawa-barat
Politikus PDI Perjuangan atau PDIP Aria Bima di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/9/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus PDI Perjuangan atau PDIP Aria Bima mengakui bahwa sosok Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil dapat membantu pemenangan bakal capres Ganjar Pranowo di wilayah Jawa Barat dalam Pilpres 2024.

Namun, indikator itu tak lantas pria yang karib disapa Kang Emil itu dipilih menjadi bakal cawapres Ganjar di pesta demokrasi nanti. 

"Bahwa Pak Ridwan Kamil memberikan dukungan yang cukup kuat di Jawa Barat tentu itu menjadi faktor pertimbangan untuk memberikan atau mengajak Pak Ridwan Kamil menjadi pasangan (bakal) cawapres dari Pak Ganjar," kata Aria di gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/9/2023). 

"Kita tidak mengingkari itu bahwa kriteria dalam kaitan elektoral itu diperhitungkan," sambungnya. 

Baca Juga: Waketum Golkar: Ridwan Kamil Kami Rencanakan untuk Maju Pilkada Jakarta atau Jawa Barat di 2024

Aria menyebut, pihaknya akan menjalin komunikasi dengan Partai Golkar untuk membicarakan rencana menyandingkan mantan Gubernur Jawa Barat itu dengan Ganjar. 

"Pak Ridwan ini kader Golkar, tapi itu tentu menjadi pembicaraan saat ini bagaimana komunikasi antara partai pengusung dengan Golkar yang waktu itu sudah dimulai antara Mba Puan dengan Pak Airlangga."

"Waktu itu juga ada tim kecil. Saya kira tim kecil itu tinggal dilanjutkan aja," ujarnya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut, pihaknya sudah memiliki proyeksi untuk kader potensinya seperti Ridwan Kamil untuk bertarung di Pilkada Jakarta atau Jawa Barat pada 2024 mendatang. 

Golkar, kata dia, belum punya rencana untuk mendorong Ridwan Kamil sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

"Kami juga sudah punya planning buat RK (Ridwan Kamil), kita waktu itu sudah memutuskan untuk mendorong RK menjadi calon gubernur, nanti tinggal pilih dua, antara di Jawa Barat lagi atau di DKI Jakarta," kata Doli  di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Politikus PDIP Sebut Nama Ridwan Kamil Masuk Daftar Bakal Cawapres Potensial Ganjar

Doli menegaskan, keputusan Partai Golkar soal Pilpres 2024 belum pernah ditinjau ulang, mulai dari keputusan Musyawarah Nasional (Munas) hingga Rapat Kerja Nasional (Rakernas).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x