Kompas TV nasional rumah pemilu

Politikus PDIP Sebut Nama Ridwan Kamil Masuk Daftar Bakal Cawapres Potensial Ganjar

Kompas.tv - 11 September 2023, 18:43 WIB
politikus-pdip-sebut-nama-ridwan-kamil-masuk-daftar-bakal-cawapres-potensial-ganjar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kantor BI Perwakilan Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus PDI Perjuangan atau PDIP Andreas Hugo Pareira mengakui Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil masuk dalam daftar sosok yang potensial menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Selain PDIP, kata Andreas, tiga partai politik (parpol) pengusung Ganjar lainnya yaitu PPP, Hanura, dan Perindo, juga mempertimbangkan mantan gubernur Jawa Barat itu untuk disandingkan dengan Ganjar di pesta demokrasi nanti. 

"Kalau dilihat dari aspek elektoral, Ridwan Kamil tentu masuk dalam pantauan radar PDI Perjuangan dan partai-partai pengusung Ganjar Pranowo," kata Andreas saat dihubungi, Senin (11/9/2023). 

Baca Juga: Ganjar dan Prabowo Bidik Ridwan Kamil Jadi Kandidat Kuat Cawapres

Dia menjelaskan, alasan pria yang karib disapa Kang Emil itu masuk dalam radar bakal cawapres Ganjar karena yang bersangkutan memiliki elektabilitas yang moncer di sejumlah survei. 

"Di samping itu, Ridwan Kamil juga boleh dibilang figur representasi Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia."

"Ridwan Kamil juga bisa menjadi figur representasi Golkar sebagai salah satu partai besar di Indonesia," kata dia.

Hanya saja, kata Andreas, PDIP dan partai pengusung Ganjar akan tetap menjaga etika dalam proses politik menuju Pilpres 2024. 

Sebab, dia telah berstatus kader Partai Golkar, yang secara formal sudah memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres. 

"Karena itu, ruang gerak proses politik dan dinamika tentu akan bergerak pada tataran dialog dan komunikasi antara ketua umum dan pimpinan partai untuk menemukan solusi terbaik untuk menetapkan capres/cawapres," kata dia.

Ia menambahkan, selain aspek elektoral, PDIP dan partai pengusung Ganjar juga memperhatikan aspek (nilai) dalam menentukan bakal cawapres. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x