Kompas TV nasional humaniora

Profil Singkat 10 Pj Gubernur Dilantik Tito Karnavian Hari Ini, Ada dari Polri dan Purnawirawan TNI

Kompas.tv - 5 September 2023, 09:34 WIB
profil-singkat-10-pj-gubernur-dilantik-tito-karnavian-hari-ini-ada-dari-polri-dan-purnawirawan-tni
Mendagri Muhammad Tito Karnavianmelantik Zudan Arif Fakrulloh (tengah) sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat dan Ismail Pakaya (kanan) sebagai Pj Gubernur Gorontalo, di Jakarta, Jumat (12/5/2023). (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian hari ini, Selasa (5/9/2023)  melantik 10 penjabat (Pj) gubernur untuk mengganti kepala daerah yang telah berakhir masa jabatan pada September 2023. 

Para Pj gubernur ini akan mengisi kekosongan jabatan hingga ada gubernur terpilih dalam Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Berikut 10 Pj gubernur yang ditunjuk Presiden Joko Widodo dan akan dilantik Mendagri Tito Karnavian, Selasa (5/9/2023).

1. Nana Sudjana 

Mantan Kapolda Metro Jaya yang kini menjadi Inspektur Utama Setjen DPR RI Komjen Pol (purn) Nana Sudjana akan dilantik sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah. 

Nana mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah. 

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Bey Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat

2. Bey Machmudin

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dilantik sebagai Pj gubernur Jawa Barat, mengisi kekosongan jabatan gubernur yang ditinggal Ridwan Kamil.

3. Hassanudin

Mantan Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan Mayjend TNI (purn) Hassanudin  dilantik sebagai Pj gubernur Sumatera Utara yang ditinggalkan Edy Rahmayadi.

Sebelum menjabat Pangdam Bukit Barisan, Hassanudin pernah menjabat sebagai Pangdam Iskanda Muda (Aceh). 

4. Sang Made Mahendra

Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan dan Hukum, Irjen Sang Made Mahendra dilantik sebagai Pj gubernur Bali. 

Baca Juga: Hari Terakhir Jadi Gubernur: Ganjar Gantung Seragam, Ridwan Kamil Kenang Eril

Made mengisi kekosongan jabatan gubernur Bali yang ditinggalkan I Wayan Koster. Sang Made Mahendra merupakan perwira Tinggi Polri yang bertugas di Kemendagri. 

5. Ridwan Rumasukun

Sekretaris Daerah Ridwan Rumasukin akan dilantik sebagai Pj gubernur Papua. Sebelum dilantik Pj gubernur Ridwan merupakan Pelaksana Harian (Plh) gubernur Papua. 

Ridwan ditugaskan mengisi kekosongan jabatan kepala daerah yang ditinggal Lukas Enembe. Lukas saat ini menjalani persidangan kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang di Pengadilan Tipikor Jakarta. 

6. Ayodhia Kalake

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves), Ayodhia Kalake ini  dilantik sebagai Pj gubernur Nusa Tenggara Timur. 

Baca Juga: Pimpin Upacara HUT ke-78 RI di Semarang, Ganjar Pamitan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x