Kompas TV nasional peristiwa

Fadli Zon soal Demokrasi di Indonesia: Kecenderungan untuk Absolutisme Selalu Ada

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 20:47 WIB
fadli-zon-soal-demokrasi-di-indonesia-kecenderungan-untuk-absolutisme-selalu-ada
Anggota DPR RI Fadli Zon. Ia menyebut dalam negara demokrasi, kecenderungan untuk absolutisme selalu ada. Karena itu demokrasi harus selalu dijaga. (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anggota DPR RI Fadli Zon menyebut dalam negara demokrasi, kecenderungan untuk absolutisme selalu ada. Karena itu demokrasi harus selalu dijaga.

”Demokrasi itu ternyata memang tidak mudah, itu satu hal. It's not easy dan memang harus ada komitmen untuk merawatnya karena kalau tidak, kecenderungan untuk absolutisme itu akan selalu ada,” jelas Fadli Zon dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema ’DPR Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Maju’ di Gedung Nusantara III, DPR RI, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: Fadli Zon Beberkan Nama Bakal Cawapres Prabowo, dari Cak Imin hingga Gibran

Dikutip dari dpr.go.id, menurut politikus Partai Gerindra ini, DPR punya peran penting dalam menjaga komitmen negara dalam berdemokrasi.

Menurutnya, menjaga demokrasi dalam bernegara sangatlah sulit karena selalu ada godaan-godaan yang mendorong pada kecenderungan untuk menjadi absolutisme.

Menurutnya, saat ini kecenderungan dari demokrasi menuju absolutisme sudah ada di banyak negara, seperti di Afrika dan Amerika Selatan.

Sehingga, tambahnya, akan sangat membahayakan jika Indonesia tidak bisa menjaga demokrasi yang sudah berjalan ini.

Baca Juga: Fadli Zon Kecam Aksi Brutal Israel ke Warga Palestina: Mereka Terbiasa Menyerang, PBB Tak Berfungsi

“Salah satu kunci yang paling penting di dalam menahan absolutisme itu adalah pada pembatasan masa jabatan presiden yang sudah disepakati di dalam amandemen undang-undang Dasar 45,” sambung Anggota Komisi I DPR RI ini.


 


 



Sumber : dpr.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x