Kompas TV internasional kompas dunia

Fadli Zon Kecam Aksi Brutal Israel ke Warga Palestina: Mereka Terbiasa Menyerang, PBB Tak Berfungsi

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 08:41 WIB
fadli-zon-kecam-aksi-brutal-israel-ke-warga-palestina-mereka-terbiasa-menyerang-pbb-tak-berfungsi
Seorang tenaga medis Palestina tengah menangani seorang gadis cilik yang terluka akibat serangan udara Israel pada Rabu lalu (12/5/2021) di Rumah Sakit Shifa di Gaza City, Kamis (13/5/2021). (Sumber: AP Photo/Khalil Hamra)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Fadli Zon mengecam aksi tentara Israel yang menyerang warga Palestina di Jenin yang menewaskan 12 warga tak berdosa dan  melukai lebih dari 100 orang.

“Serbuan Israel ke Jenin semakin menegaskan tak ada masa depan perdamaian di rezim Israel sekarang. Mereka sudah terbiasa menyerang warga sipil Palestina termasuk yang tak berdaya seperti di kamp-kamp pengungsian. Lebih biadab lagi, Israel menyerang rumah sakit. Dilihat dari sudut manapun, aksi brutal Israel ini tak bisa dibenarkan dan dibiarkan. Kita tidak lagi sedang bertanya ihwal pelanggaran Israel atas hukum internasional dan kemanusiaan. Tapi kita harus bertanya solidaritas kemanusian komunitas global,” kata Fadli, Rabu (5/7/2023) dikutip dari situs dpr.go.id.

Baca Juga: Fadli Zon Terpilih Kembali Jadi Ketua Organisasi Parlemen Asia Tenggara Antikorupsi

Fadli Zon juga menyesalkan DK PBB yang tidak berbuat banyak mengatasi aksi Israel yang makin brutal itu. 


 “PBB seperti tak berfungsi dalam kasus Palestina. Israel harus dikutuk. Tapi PBB juga harus dikoreksi dan direformasi. PBB harus lekas mengambil langkah konkret. Jika tidak, kekerasan akan terus memanas termasuk adanya aksi-aksi balasan dari Jalur Gaza. Perdamaian di sana sepertinya masih sangat sulit diwujudkan bahkan mungkin mustahil,” ujar Politisi Fraksi Partai Gerindra ini. 

Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Al-Quds (the League of Parliamentarians for Al Quds) ini juga turut menegaskan komitmen DPR untuk terus melakukan langkah-langkah nyata dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina. 

Baca Juga: Banyak Negara Kecam Israel Setelah Serangan Brutal ke Palestina, Dapat Memicu Kekerasan Lainnya

“Pada pertengahan Juli ini kita akan menghadiri pertemuan Parlemen Negara-negara OKI di Pantai Gading. BKSAP DPR RI akan mengusulkan langkah-langkah konkret parlemen OKI untuk menghentikan kekerasan Israel. Kita juga akan mendesak negara-negara OKI bertindak tegas terhadap Israel, termasuk menolak segala upaya normalisasi dengan Israel. Kami juga diundang ke Ramallah akhir Juli ini untuk menghadiri konferensi terkait Nakba. Intinya DPR selalu bersuara tegas mendukung kemerdekaan Palestina di berbagai forum parlemen internasional dan mengutuk kebiadaban Israel,” tutur Anggota Komisi I DPR RI ini. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x