Kompas TV nasional rumah pemilu

BEM UI Tantang Tiga Bacapres Debat di Kampus: Anies dan Prabowo Siap, Ganjar Minta Mahasiswa Sabar

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 12:30 WIB
bem-ui-tantang-tiga-bacapres-debat-di-kampus-anies-dan-prabowo-siap-ganjar-minta-mahasiswa-sabar
Kolase bacapres Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia atau BEM UI menantang tiga bakal calon presiden (bacapres) untuk datang ke kampusnya. 

Diketahui, saat ini ada tiga bacapres yang telah dideklarasikan bakal maju pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Ketiga bacapres itu antara lain mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca Juga: PSI Resmi Batal Dukung Ganjar Jadi Capres, Berkomitmen Tegak Lurus pada Jokowi

Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan, pihaknya mengundang ketiga bacapres tersebut untuk melaksanakan sesi debat. 

"Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden/bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian," kata Melki dalam keterangan tertulisnya berjudul 'Silakan Datang ke UI Jika Berani!’.

Adapun tantangan tersebut disampaikan BEM UI menyambut putusan MK yang mengabulkan gugatan terhadap UU Nomor 7 Tahun 2017, khususnya Pasal 280 ayat (1) huruf h pada 15 Agustus 2023. 

MK menyatakan, kegiatan kampanye di tempat ibadah dilarang total. Namun peserta pemilu tetap dapat hadir di tempat pendidikan dan fasilitas pemerintah asalkan tanpa atribut kampanye dan atas undangan pihak yang bertanggung jawab. 

Menurut BEM UI, putusan MK tersebut karenanya perlu dimanfaatkan maksimal dengan mengundang ketiga bacapres untuk melaksanakan sesi debat. 

Terkait tantangan dari BEM UI itu, kubu Anies Baswedan menyatakan siap untuk mengikuti debat di Universitas Indonesia.

Baca Juga: Sudirman Said soal Ramai Wacana Duet Ganjar-Anies: Jadi atau Tidak, Itu kan Jodoh

Juru Bicara bakal capres dari Koalisi Perubahan dan Persatuan Anies Baswedan, Sulfikar Amir mengatakan, Anies siap mengikuti debat terbuka para bakal capres di UI.

"Insya Allah Pak Anies akan mengikuti acara debat di UI nanti. Kemarin, beliau sudah merespons undangan BEM UI lewat akun media sosial resmi," kata Sulfikar dilansir dari Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Ia lantas mengatakan undangan debat terbuka para bakal capres di kampus adalah hal yang positif. Pasalnya, pengajar di Nanyang Technological University itu menilai kampus adalah ruang akademik yang memiliki kebebasan untuk mendiskusikan semua permasalahan yang ada di masyarakat.




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x