Kompas TV nasional rumah pemilu

Sudirman Said soal Ramai Wacana Duet Ganjar-Anies: Jadi atau Tidak, Itu kan Jodoh

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 10:22 WIB
sudirman-said-soal-ramai-wacana-duet-ganjar-anies-jadi-atau-tidak-itu-kan-jodoh
Sudirman Said ditunjuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi Komisaris Utama PT Transjakarta. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (jubir) tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Sudirman Said menyambut baik atas munculnya ide untuk menduetkan Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.  

Menurut dia, Anies memang banyak disandingkan dengan berbagai figur yang dianggap tepat menjadi pendampingnya. 

“Bagi kami ini merupakan pengakuan bahwa tokoh yang kami usung memiliki “keberterimaan” yang luas, dan dengan begitu memiliki kapasitas untuk menyatukan berbagai elemen bangsa. Soal jadi atau tidak berpasangan, itu kan jodoh. Tapi bahwa banyak pihak membuka komunikasi dengan pak Anies, itu sesuatu yang kami syukuri," kata Sudirman dalam keterangannya, Selasa (22/3/2023). 

Baca Juga: Waketum Nasdem: Dulu Surya Paloh Pernah Mewacanakan Duet Ganjar-Anies

Ia menyebut, wacana tersebut menunjukkan politik yang sehat dan dewasa.   

“Semua pihak membuka kemungkinan bekerja sama dengan pihak lainnya. Tidak ada yang secara apriori menolak atau mengharuskan bermitra dengan siapapun. Yang menyatukan perjuangan politik kita haruslah cita-cita memajukan bangsa,” katanya.

Sudirman mengatakan masyarakat yang akan menilai mana kandidat yang terbaik dalam lomba adu gagasan dan adu rekam jejak. 

Selain itu, konstelasi politik memiliki dinamika yang membuka segala kemungkinan. 

“Bagi Koalisi Perubahan, semakin banyak komunikasi antar tokoh dan institusi politik, akan semakin baik untuk mendinginkan suhu kontestasi,” ujarnya.

Terkait apakah pernah ada pembicaraan di internal terkait wacana duet Anies-Ganjar, Sudirman mengatakan di KPP selalu mengedepankan sikap terbuka dan membicarakan segala kemungkinan secara transparan.   

“Spesifik soal memasangkan Anies dan Ganjar kan baru muncul belakangan. Di samping itu, di koalisi soal nama cawapres sudah mengerucut ke satu nama. Semua pemimpin partai politik anggota KPP sudah mengetahui arah keputusan soal pasangan. Bila ada perubahan tentu akan melalui pembahasan dan persetujuan kolektif,” tambah Sudirman.

Sudirman menjawab diplomatis saat ditanya jika duet tersebut terlaksana siapa yang akan menjadi presiden. 

“(Bakal) Capres KPP Anies Baswedan. Dan Sejauh ini semua partai pengusung memiliki komitmen dan confident yang tinggi bahwa Anies Baswedan adalah jawaban dari situasi dan kondisi bangsa ini,"

"Karena itu tidak ada perubahan dalam soal pencalonan Anies sebagai bacapres,” katanya. 

Sebelumnya, PDIP tidak merasa jemawa dengan keunggulan Ganjar atas Anies dalam survei Litbang Kompas terbaru pada simulasi dua bakal capres atau head to head.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x