Kompas TV nasional peristiwa

Momen Unik Upacara HUT ke-78 RI di Istana: Sepatu Pembawa Baki Lepas-Aksi Jahil Menteri Basuki

Kompas.tv - 18 Agustus 2023, 08:29 WIB
momen-unik-upacara-hut-ke-78-ri-di-istana-sepatu-pembawa-baki-lepas-aksi-jahil-menteri-basuki
Pasukan pengibar bendera pusaka atau paskibraka berbaris dalam upacara peringatan kemerdekaan Indonesia atau HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis kemarin (17/8/2023) menyisakan berbagai momen unik dan menarik.

Beberapa momen tersebut pun tak tak lepas dari sorotan kamera, mulai dari lepasnya sepatu anggota Paskibraka hingga aksi jahil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Seperti diketahui, pada upacara tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Pimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Kepala Negara mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng, pakaian adat yang biasanya dipakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji.

Tak hanya Jokowi, seluruh tamu undangan pun memakai baju tradisional dalam upacara HUT RI tersebut.

Berikut beberapa momen menarik yang terjadi saat digelarnya upacara Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka yang digelar Kamis kemarin:

1. Meriahnya Kirab Budaya di Monas

Kirab budaya Bendera Pusaka dalam rangka Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 digelar meriah.

Kirab budaya tersebut berlangsung dari Monas ke Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (17/8) pagi.

Prosesi kirab ini adalah untuk mengarak teks proklamasi asli dan duplikat bendera pusaka merah putih dari cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Duplikat bendera sangsaka merah putih dan naskah teks Proklamasi ini diantar ke Istana Merdeka menggunakan satu Kereta Kencana yang diberi nama Ki Jaga Rasa yang dikawal oleh pasukan berkuda.

Adapun peserta kirab budaya diisi lapisan masyarakat mulai dari gabungan TNI-Polri, barisan pasukan tradisional Paspampres, kelompok pakaian tradisional dari seluruh nusantara, perwakilan raja-raja Nusantara dari 34 provinsi seluruh Indonesia hingga barisan berkebaya Pertiwi Indonesia.

2. Aksi jahil Menteri Basuki terhadap Erick Thohir

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tertangkap kamera saat iseng memeriksa baju Menteri BUMN Erick Thohir saat prosesi upacara 17 Agustsus 2023 di Istana Merdeka.

Momen usi Basuki tersebut  terjadi usai pengibaran bendera merah putih.

Dalam rekaman video terlihat Basuki yang mengenakan pakaian adat Bali berwarna abu-abu menunduk ke arah perut dan kemudian terlihat merapikan pakaian yang dikenakan. Ia juga sempat memasukkan tangannya ke dalam kantung baju.

Tidak lama kemudian, Basuki menoleh ke arah Erick Thohir yang berdiri di samping kanannya. Tiba-tiba tangan kiri Basuki berusaha menyingkap setelan jas yang dikenakan Menteri BUMN tersebut.

Usai Upacara Basuki pun buka suara terkait keisengannya mengecek baju Erick Thohir.

Melalui unggahan di Instagram Erick Thohir, Basuki mengaku saat itu hanya ingin mengecek baju daerah yang dikenakan Erick.

"Enggak itu kan saya bilang ini baju apa? Budi Utomo katanya," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (17/8).

"Kan kan pakai jas tapi saya mau lihat penitinya. Ternyata cuma satu. Jadi itu model Budi Utomo. Jadi bukan Jawa tapi Budi Utomo 1908. Saya cuma mau ngecek aja," ujarnya.

Baca Juga: Ini Profil Paskibraka Pembawa Baki hingga Pengibar Bendera di Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x